Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinkes Imbau Warga Waspadai Penyakit Saat Musim Hujan

  • Oleh H Laily Mansyur
  • 22 November 2016 - 15:27 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Dinas Kesehatan Barito Selatan (Dinkes Barsel) kembali memberikan imbauan  kesehatan melalui pemasangan selebaran dan poster di sejumlah pusat keramaian di Kota Buntok, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah. Tujuannya, mengingatkan  masyarakat agar  mewaspadai penyakit  yang kerap muncul pada musim hujan.

'Bila memasuki musim hujan, kami  selalu memberikan peringatan dan himbauan melalui selebaran,  dan  itu sudah menjadi kebiasaan. Karena pada musim hujan ini, penderita infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), demam berdarah (DBD) dan diare akan mengalami peningkatan,'  kata Kabid Pengendalian Masalah Kesehatan (PMK), Dinkes Barsel, dr Djulita K Palar, kepada PPost , di kantornya, di Buntok, Selasa (22/11/2016).

Ia juga mengatakan, agar  masyarakat  tidak terserang penyakit, hendaknya terus menjalani pola hidup bersih dan sehat serta terus menjaga daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi makan bergizi serta buah buahan.

'Tapi kita jangan sampai melupakan  pola  lingkungan bersih  dengan  laksanakan 3M Plus. Yakni menguras bak mandi, mengubur barang-barang bekas, menutup rapat tempat penampungan air serta memberi bubuk larvasida agar nyamuk tidak berkembang biak,' urai mantan Kepala Puskesmas  Pendang  yang  akrab di sapa dr Jul  itu.

Jul mengungkapkan, walau  jumlah penderita ISPA dan DBD  pada akhir  2016 ini  jauh mengalami penurunan dari dari data tahun sebelumnya,  namun upaya untuk memberikan imbauan  tersebut, tetap saja dilaksanakan. Tujuannya,  agar  kesehatan masyarakat di wilayahannya dapat  terpelihara

 'Ini membuktikan,  masyarakat  kita  pada umumnya sudah mampu mengantisipasi gejala penyakit  secara mandiri  dan  menjaga pola hidup sehat,' tandasnya. (H. LAILY MANSYUR/N).

Berita Terbaru