Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Eliminasi Malaria Dinkes-BLH Kobar Luncurkan Program Malariadipura

  • Oleh Koko Sulistyo
  • 23 November 2016 - 13:25 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Untuk mengeliminasi kasus penyebaran penyakit malaria yang disebabkan gigitan nyamuk Anopheles, Dinas Kesehatan Kotawaringin Barat bekerja sama dengan Badan Lingkungan Hidup meluncurkan program penyelarasan Malariadipura. Program gagasan Dinas Kesehatan itu, bertujuan menurunkan penyebaran penyakit malaria yang dikaitkan dengan Adipura.

"Dengan Adipura kita berbicara konsep kebersihan yang dimulai dari lingkungan terkecil dan ini berpararel dengan program dari Dinas Kesehatan," kata Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kotawaringin Barat, Fahrizal Fitri, di Pangkalan Bun, Selasa (22/11/2016).

Dengan meraih piala Adipura untuk kategori Kota Kecil terbersih, juga termuat program-program yang salah satunya di bidang kebersihan dengan pemanfaatan sampah-sampah yang ada dilingkungan baik organik maupun unorganik yang dimanfaatkan dan diolah dengan konsep 3R. Pemanfaatan sampah tersebut dapat menurunkan tempat perkembangbiakan (vektor) jentik nyamuk Malaria. 

Dalam mengupayakan eliminasi penyakit Malaria baik Dinkes maupun BLH akan menggunakan masing-masing programnya yang mempunyai tujuan yang sama yaitu membentuk pola hidup yang bersih dan sehat, begitupula sebaliknya Dinkes Kobar juga mensosialisasikan melalui program yang ada di Dinkes.

" Program-program tersebut dapat dipadukan dan disosialisasikan ke masyarakat dan kami biasanya melakukan gerakan bersama (Geber) dikampung-kampung," terang Fahrizal.

Ia meminta masyarakat memahami pentingnya pengelolaan lingkungan yang bersih guna mencegah berkembangnya sarang nyamuk di pekarangan tempat tinggal dan keluarga masing-masing.

" Dengan program Malariadipura secara tidak langsung dapat mengurangi tingkat volume sampah guna meraih Adipura tahun 2017 mendatang," tutup Fitri. (KOKO SULISTYO/N).

Berita Terbaru