Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Bitung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Tenglie: Budidaya Bawang Merah Lebih Menjanjikan Dibanding Sawit

  • Oleh Abdul Gofur
  • 22 November 2016 - 18:50 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Bupati Katingan, Ahmad Yantenglie mengungkapkan, budidaya tanaman bawang merah lebih menjanjikan dibanding kelapa sawit. Ia memastikan, prospek budidaya bawang merah sangat bagus, dan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pasalnya, harga bawang merah ini di pasaran cenderung tinggi hingga mencapai Rp50 ribu per kilogram. Sedangkan, kelapa sawit per kilo rata-rata hanya Rp1.000. Namun sayangnya, kata orang nomor satu di Katingan ini, warga masih sangat jarang membudidayakan bawang merah yang dikenal sebagai bumbu utama masakan itu.

"Kalau studi kelayakan sebenarnya budidaya bawang merah ini lebih menguntungkan dibanding sawit, sebab harga bawang merah di pasaran jauh lebih tinggi," kata Bupati  Katingan, Ahmad Yangtenglie di sela Inspeksi Mendadak (Sidak) di Kantor Ketahanan Pangan Katingan, Selasa (22/11) sore.

Pada sidak itu Bupati Tenglie yang didampingi Kepala Kantor Ketahanan Pangan, Karlie menyempatkan meninjau demplot bawang merah di halaman belakang kantor tersebut. Bupati mengatakan, lahan di daerahnya sebenarnya masih memungkinkan untuk pengembangan bawang merah tersebut. "Cuma masyarakat Katingan ini kalau bertani tidak seperti teman-teman dari daerah Jawa, sebab keahlian bertani warga lokal kurang karena terbiasa berladang berpindah."

Untuk sementara, lanjut Bupati Tenglie dari dinas teknis sudah melakukan demplot percontohan guna memancing masyarakat untuk mengembangkannya.

Bawang merah ini pula, kata Bupati adalah salah satu komoditas yang memicu fluktuasi harga. "Saya berharap kedepan masyarakat bisa mengembangkan bawang merah ini, sebab permintaan pasar cukup bagus," imbuh Bupati Tenglie.

Sementara menurut Kepala Badan Ketahanan Pangan Katingan, Karlie, sejauh ini sudah dua tahun terakhir seluruh balai penyuluhan pertanian, perikanan dan kehutanan yang ada di kecamatan-kecamatan semuanya diwajibkan membuat demplot bawang merah ini.

"Dua hari lagi Kecamatan Katingan Tengah akan tanam perdana, dan saya diminta hadir. Terus yang sudah tanam lebih dulu di Pendahara Kecamatan Tewang Sanggalang Garing (TSG), kemudian Katingan Kuala dan Kecamatab Mendawai," kata Karlie.(ABDUL GOFUR/N).

Berita Terbaru