Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Purworejo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Pekerjaan Umum Barito Utara Langsung Tangani Tanah Longsor

  • Oleh Agus Sidik
  • 23 November 2016 - 16:50 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Barito Utara (Barut) langsung melakukan langkah cepat penanganan tanah longsor di Jalan H Koyem, Kelurahan Jingah, Kecamatan Teweh Baru.

Dalam penanganan jalan tersebut, Dinas PU menurunkan alat berat jenis dozer untuk memindahkan tumpukan tanah ke samping badan jalan. Longsor terjadi akibat hujan cukup tinggi pada Selasa (22/11/2016) dini hari.

Kepala Dinas PU Kabupaten Barut H Ferry Kusmiadi melalui Kabid Bina Marga Zainnudin mengatakan pihaknya sudah menurunkan alat berat di lokasi tebing yang tanahnya longsor, pada waktu itu juga.

'Setelah mendapat laporan dari warga kita langsung menurunkan alat berat untuk membersihkan tanah maupun bekas pohon-pohon tumbang akibat longsor yang menutupi badan jalan. Supaya jalan tersebut bisa dilalui masyarakat,' katanya.

Ia mengatakan, sekitar pukul 11.00 Wib kemarin jalan itu sudah tidak ada lagi tanah yang menutupi badan jalan. Arus lalu lintas sudah normal kembali dan bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat.

'Kita sangat menyambut baik Dinas PU yang dengan cepat melakukan penanganan terhadap jalan H Koyem yang tertimbun tanah longsor menggunakan alat berat, hingga sekarang akses jalan tersebut sudah dapat dilalui kembali,' kata Wepi Padria Iroma, kepada Borneonews, di tempat terjadinya longsor, Rabu (23/11/2016). 

Jalan H Koyem ini, kata dia, banyak dilalui masyarakat, terutama mereka yang setiap hari berangkat kerja selalu lewat jalan ini, karena dengan melalui jalan tersebut jarak tempuh antara Muara Teweh-Jinggah akan lebih singat, dibandingkan melalui Jalan Nasional.

 'Kita mengapresiasi Dinas PU Barito Utara yang cepat tanggap melakukan penanganan terhadap jalan tersebut, sehingga arus lalulintas masyarakat sudah kembali normal,' ujarnya. (AGUS SIDIK/m)

Berita Terbaru