Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Raker HKTI Kapuas: Petani Posisi Terdepan Pembangun Ekonomi Daerah

  • 24 November 2016 - 12:30 WIB

BORNEONEWS, Kapuas - Petani adalah salah satu posisi terdepan dalam pembangunan ekonomi daerah dan menjelaskan mengenai program gerbang desa bajenta. Hal itu mengemuka dalam Rapat Kerja Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kabupaten Kapuas, yang dipimpin Wakil Bupati Kapuas, H Muhajirin, yang juga Ketua HKTI Kapuas, Selasa (22/11) pagi di hotel Permata In Kapuas.

'Dengan program ini diharapkan dapat memajukan desa-desa yang ada diperbatasan ataupun desa tertinggal sebagai mana program yang sudah dijalani yaitu membangun dari desa ke kota,' ungkap Muhajirin. Di luar itu  ia menggungkapkan bahwa perlu juga memperhatikan masalah sawit dan karet dalam hal pemasarannya.

HKTI perlu melakukan evaluasi apakah yang sudah diberikan kepada masyrakat atau para petani tepat sasaran dan tepat dalam pemanfaatannya. 'Karena sayang jika alat yang sudah disiapkan Pemerintah tidak digunakan oleh petani kita,'  terangnya.

Lebih lanjut ia menerangkan, Kapuas memiliki petani tanaman pangan yang perlu diutamakan terkait masalah perkebunan serta mengajak seluruh anggota HKTI untuk berpikir bagaimana cara agar tidak membakar hutan untuk membuka lahan yang baru dan membahas masalah perkebunan apa saja yang ada.

Masih ditempat yang sama Wakil Bupati Kapuas itu juga mengajak untuk bersama-sama menentukan rencana aksi kedepannya untuk para petani terutama di Kabupaten Kapuas. Sedangkan untuk petani yang ada Ketua HKTI Kapuas itu meminta tidak menjual lahan yang sudah dimiliki atau mengalihkan fungsinya sehingga julukan Kabupaten Kapuas sebagai lumbung padi di Kalimantan Tengah tetap terjaga.

"Jika ingin menyewakan lahan karena tidak mampu menggarapnya asalkan tetap dijadikan sebagai lahan pertanian untuk tanam padi silakan saja" pinta Muhajirin. (DJEMMY NAPOLEON/N).

Berita Terbaru