Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Jambi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Pesan agar Jaga Nilai Adat dan Budaya di Barito Selatan

  • Oleh Uriutu
  • 24 November 2016 - 13:03 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Bupati Barito Selatan, H. Mugeni, meminta seluruh elemen masyarkat, baik suku Dayak Lawangan, Bawo, Ma'anyan, Bakumpai, Dusun dan Biaju terus menjaga nilai adat dan budaya setempat.

Mugeni mengemukakan hal itu saat membuka Musyawarah Daerah (Musda) II Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) di Aula Hotel Afiat Jaya, Buntok. Kamis (24/11/2016).

Ia mengatakan, kegiatan ini juga dibarengi dengan seminar adat istiadat, hukum adat dan budaya yang berada di Kabupaten yang berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini.

'Untuk itu saya meminta untuk terus menjaga nilai adat dan budaya yang berada di Barsel ini. Sehingga bisa terus dikembangkan,' kata H Mugeni kepada Borneonews usai membuka kegiatan, Kamis (24/11/2016).

Adat dan budaya lanjut dia, sangat penting ditengah berbagai macam kemajuan jaman dan teknologi. Sadar atau tidaknya kemajuan ini bisa membuat lupa tentang adat dan budaya. Oleh sebab itu, teruslah kembangkan adat istiadat dan budaya sehingga masyarakat bisa menghormati, menghargai, memelihara dan menjaga nilai-nilai adat budaya.

Menurutnya, pemkab telah berusaha maksimal memelihara dan melindungi budaya dan adat serta hak-hak adat yang ada dimasyarakat. Yakni dengan cara keberpihakan dalam pengambilan keputusan maupun kebijakan yang dituangkan baik melalui perda maupun perbup.

'Sehingga masyarakat tidak merasa dirugikan  dan bahkan dilindungi hak-hak adat maupun budayanya,' jelas dia.

Ketua AMAN Barsel, Agus Irawanto mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mengorganisir kesatuan masyarakat hukum adat untuk memahami pentingnya wilayah adat. 'Serta lebih penting memperjuangkan untuk memperoleh hak-hak konstitusional melalui pembentukan Perda yang bersifat aspiratif dan akomodatif,' jelas dia.

Selain itu, lanjut dia, untuk mensinergikan program kerja organisasi dan program pemerintah, sehingga bisa mewujudkan kesepahaman bersama dan membawa kesejahteraan bagi masyarakat. (Uriutu Djaper/N).

 

Berita Terbaru