Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Hulu Sungai Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Meminta Puskesmas Jenamas Memiliki Dokter Gigi

  • Oleh H Laily Mansyur
  • 24 November 2016 - 15:45 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Warga Kelurahan Rantau Kujang Kecamatan Jenamas meminta kepada Pemerintah Kabupaten Barito Selatan (Barsel) agar pukesmas setempat dilengkapi dokter gigi.

Camat Jenamas Akhmad Akmal Husaen mengatakan itu ketika bersama Pj Bupati Barsel H Mugeni SH MH meninjau ruang rawat inap di Puskesmas Jenamas, baru baru ini.

Ia menjelaskan. sementara ini, di puskesmas setempat hanya dilayani oleh seorang dokter umum dan beberapa tenaga medis. Artinya, dalam persentase, tentu belum sebanding dengan besarnya jumlah penduduk yang harus terlayani untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di kecamatan itu.

"Jumlah penduduk di kecamatan Jenamas ini  sekitar sembilan ribuan lebih, dan disini tidak ada dokter gigi," ucap Akmal kepada  Borneonews di sela kegiatannya

Ia juga mengatakan, selama menjabat sebagai orang nomor satu di wilayah itu, tidak jarang menerima permintaan warga, agar di Puskesmas Jenamas ada ditempatkan seorang dokter gigi.

"Sepengetahuan saya kalau cuma sekadar sakit gigi ringan, warga di sini masih bisa berobat di puskesmas. Tapi jika dianggap berat, mereka rata - rata minta rujukan ke rumah sakit wilayah Kalimantan Selatan karena dianggap lebih dekat," urainya.

Sementara itu, kepala puskesmas setempat, Said Abdilah, juga mengharapkan agar pada tahun ini atau tahun berikutnya,  pemerintah bisa menganggarkan dana untuk perehaban atau penambahan ruangan Puskesmas Jenamas, terutama pada ruang rawat inap.

"Saat ini kami cuma punya empat ruang rawat inap saja, dan ini pun selalu penuh," ujarnya.

Ia menuturkan, karena keterbatasan sarana. saat pasien membludak bulan lalu terpaksa, pihaknya  sempat menempatkan pasien rawat inap di lorong puskesmas.

"Itupun karena keterbatasan ruangan puskesmas. Namun untuk pelayanan terhadap pasien, kami tidak pernah membeda- bedakan. Dan kami ikhlas bekerja  sesuai keahlian dan kemampuan kami untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat," demikian Said Abdilah. (LAILY MANSYUR/m)

Berita Terbaru