Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kelompok Tani Seluluk Jaya Tunggu Realisasi Janji Bantuan Bibit dari DKP Kalteng

  • Oleh M Iwanuddin
  • 25 November 2016 - 11:23 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kelompok Tani Seluluk Jaya, Kotawaringin Barat, mengharapkan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kalimantan Tengah (Kalteng) segera merealisir bantuan bibit ikan yang dijanjikan. Hingga kini mereka menanti bantuan tersebut, sesuai yang dijanjikan. Pihak DKP Kalteng meminta mereka bersabar, dipastikan bantuan akan ada.

Andre, seorang anggota kelompok tani Seluluk Jaya mengaku belum menerima bantuan bibit ikan. Ia dan kawan-kawan  sangat berharap bantuan itu segera berikan. Bantuan bibit ikan sangat membantu para penambak mengingat hasil panen mereka sebelumnya tidak mendapatkan untung sesuai yang diharapkan. Sehingga, dana mereka pun menjadi minim. 

"Dengan adanya bantuan ini, akan membantu para petani. Jadi kami sangat berharap bisa segera menerima bantuan bibit ikan ini," kata Andre, kemarin.

Ardiansyah, yang juga anggota kelompok mengaku mengharapkan bantuan tersebut. Bantuan bibit ikan bisa meringankan beban mereka untuk mengurangi pengeluaran. Untuk itu, ia berharap ke pihak dinas untuk bisa menyalurkan bantuan bibit ikan.

"Kami sangat mengharapkan bantuan bibit ikan ini. Dana kami sangat minim. Minta tolong ke pihak dinas provinsi agar segera menyalurkannya," ujarnya.

Sementara itu, Kepala DKP Provinsi Kalteng, Efrensia LP Umbing meminta kepada pihak kelompok tani agar bisa bersabar. Ia memastikan bantuan bibit ikan akan segera diserahkan.

"Jangan khawatir, bibitnya pasti kami serahkan. Tapi tolong bersabar. Sekarang masih dalam proses. Kita usahakan akhir bulan ini sudah sampai ke tangan para kelompok tani,"terang Efrensia, kepada Borneonews, kemarin.

Menurutnya, pihak DKP Provinsi Kalteng memang pernah menjanjikan akan memberikan bantuan bibit ikan ke kelompok tani Seluluk Jaya dan Umpang. Pemberian bantuan bibit itu merupakan program lanjutan dari bantuan keramba sekitar Agustus lalu.

Menurutnya wajar para kelompok tani menagih janji pihak DKP. Tapi ia meminta agar mereka bisa sedikit bersabar. Ia berharap para kelompok tani tidak selalu bergantung ke pihak pemerintah. Kelompok tani yang menerima bantuan  diharapkan bisa belajar mandiri. Sebab tujuan diberikan bantuan hanya untuk memberi jalan. Selanjutnya merekalah yang akan meneruskan usaha tersebut.

"Kita ingin para kelompok tani bisa mandiri, karena tujuan awalnya memang itu. Bisa menafkahi diri mereka melalui bantuan yang sudah diterima,"ujarnya

Seperti diberitakan sebelumnya, para kelompok tani akan menerima bantuan bibit sebanyak 15 ribu ikan ke dua kelompok tani di Kobar. Bantuan itu merupakan program dari Pemprov Kalteng untuk mensejahterakan masyarakat. (M IWANUDDIN/N).

Berita Terbaru