Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nias Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Melalui Festival Tandak Intan Kaharingan Bangun Jiwa Rohani

  • Oleh Uriutu
  • 25 November 2016 - 16:03 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Bupati Barito Selatan Mugeni mengharapkan melalui Festival Tandak Intan Kaharingan (FTIK) 2016 dapat membangun kerohanian umat Hindu/Kaharingan. Kegiatan ini selain untuk pembinaan prestasi juga bertujuan memasyarakatkan ajaran Hindu Kaharingan kepada para penganutnya. 

'Kita berharap melalui Festival Tandak Intan Kaharingan ini bisa membangun jiwa dan rohani mereka,' kata Bupati Barsel, H. Mugeni kepada Borneonews, usai melepas kontingan FTIK di  halaman kantor Bupati Barsel, di Buntok, Jumat (25/11/2016).

Menurutnya, ini sebagai bentuk upaya pemkab untuk meningkatkan kerukunan umat beragama antara sesama. Ada beberapa kegiatan yang bernuansa keagamaan, yang mana sering diperlombakan. Baik di tingkat kabupaten, maupun provinsi, yakni MTQ, Pesparawi dan FTIK.

Mugeni mengingatkan kepada para peserta, untuk senantiasa menjaga nama baik daerah dan menjunjung sportivitas selama kegiatan perlombaan. Tak lupa dirinya berpesan, kepada para pendamping peserta Kontingen Barsel, agar terus memantau dan memperhatikan kondisi peserta yang berlomba. 

'Selamat berlomba semoga kontingen kita memperoleh prestasi terbaik dan mengharumkan nama Barsel. Semoga Bupati terpilih bisa membina secara maksimal kegiatan di Barsel ini. Satu diantaranya kegiatan keagamaan,' ucap dia. 

Ketua Kontingen Barsel Samsuni mengatakan, FTIK tingkat Provinsi Kalimantan tengah ini diselenggarakan 25-30 November 2016, di Kabupaten Gunung Mas.

Adapun peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 70 orang. Mereka ini merupakan hasil seleksi pada FITK tingkat Kabupaten beberapa waktu lalu.

'Mereka ini nanti akan mengikuti 25 cabang yang diperlombakan. Di antaranya pembacaan kitab suci Panaturan, Kandayu atau nyanyian rohani, Manandak, Pandehen atau khotbah. Ini dari tingkatan dewasa, remaja, dan anak. Putra maupun putri,' ucap dia. (Uriutu Djaper/N).

Berita Terbaru