Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Pulang Pisau Diminta Serius Untuk Pemerataan Pembangunan

  • Oleh James Donny
  • 26 November 2016 - 15:46 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau harus serius mewujudkan pemerataan pembangunan. Berbagai potensi daerah harus dapat dikembangkan supaya dapat memberikan dampak bagi kesejahteraan masyarakat.

"Pemerataan pembangunan di seluruh wilayah Kabupaten Pulang Pisau harus diperhatikan dengan serius oleh pemerintah daerah dalam melakukan program sesuai potensi pengembangannya, seehingga hasilnya dapat dirasakan masyarakat," kata anggota Fraksi Gerindra DPRD Kabupaten Pulang Pisau, Ragil Ari Supar, Jumat (25/11/2016) .

Ragil juga mengemukakan, pembangunan harus menempatkan kepentingan rakyat pada urutan pertama. Pembangunan infrastruktur diharapkan lebih membuka daerah-daerah yang terisolasi selama ini sehingga dapat meningkatakan pertumbuhan ekonomi pada daerah-daerah dan kawasan sentra produksi.

Bupati Pulang Pisau, H Edy Pratowo mengatakan, dalam pemerataan pembangunan yang akan dituju, perlu diperhitungkan secara cermat kondisi setiap kecamatan dan desa. Ini penting untuk menentukan sistem alokasinya berdasarkan priotitas potensi daerah yang ada.

Menurut Edy Pratowo, dalam upaya mewujudkan strategi pembangunan berlandaskan pemerataan untuk mencapai pertumbuhan ekonomi tinggi, Pemerintah Kkabupaten Pulang Pisau sebagai sentral pemegang kekuasaan memfokuskan pembangunan pada sejumlah bidang. Antara lain, terciptanya sarana dan prasarana, pemberdayaan masyarakat serta pertumbuhan ekonomi tinggi pada terwujudnya kualitas hidup yang lebih baik, pemerataan dan keadilan sosial. 

Demikian juga dalam pelaksanaan setiap program pembangunan kata Bupati, konsep yang dilakukan pemerintah kabupaten Pulang Pisau adalah memberikan informasi kepada para pelaku ekonomi agar investasi sesuai dengan kebutuhan pembangunan kemasyarakatan.

"Pemerintah juga mengarahkan agar organisasi perangkat daerah mengintensifkan koordinasi dalam perencanaan pembangunan perkembangan ekonomi daerah agar tidak terjadi kemiripan kegiatan," terangnya.

Demikian pula secara spesifik Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau mendorong usaha kecil dan menengah lebih tangguh menghadapi krisis ekonomi. "Kita juga berusaha mengantisipasi kawasan-kawasan mana yang dapat ditumbuhkan menjadi pusat-pusat perekonomian wilayah dan kawasan-kawasan yang strategis," jelas Edy.(JAMES DONNY/N).

Berita Terbaru