Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Indonesia Sujud Syukur Setelah Dipastikan Ke Semifinal

  • Oleh agung setiawan
  • 26 November 2016 - 11:24 WIB

BORNEONEWS,  Manila  -- Tim Nasional Indonesia menepis semua nada pesimis dan mampu lolos dari jurang maut dengan mengalahkan Singapura 2-1 di Stadion Rizal Memorial, Manila Filipina, Jumat (25/11/2016) tadi malam. Indonesia lolos ke semifinal juga dipastikan setelah di pertandingan lainnya, tuan rumah Filipina ditekuk oleh Thailand 1-0 lewat gol Sarawut Masuk.

Hasil itu membuat poin Indonesia menjadi runner up grup dengan 4 poin, sementara Filipina hanya 2 poin dan bertengger di posisi ketiga, di posisi buncit, Singapus harus pulang.

Singapura bermain secara bertahan dengan melakukan "Parkir Bus". Indonesia langsung menekan di menit-menit awal, sebab mengetahui bahwa Singapura masih menggunakan taktik bertahan. Namun, sulitnya menembus pertahanan Singapura menjadikan Indonesia terpaksa melepaskan tembakan dari luar kota penalti.

Di menit ke-13 sepakan keras Andik dari luar kotak penalti masih melebar. Terlihat jelas pelatih Indonesia, Alfred Riedl, ingin pemainnya mencetak gol lebih dulu.

Karena tertekan, dua pemain Singapura terpaksa menjatuhkan pemain Indonesia, salah satunya diberi kartu kuning oleh wasit. Namun, tendangan bebas Indonesia masih belum mampu menjebol gawang Singapura yang dijaga Hassan Sunny.

Singapura bertahan dengan sangat baik dan hanya mengandalkan serangan balik. Seperti yang dijanjikan oleh pelatih Singapura V. Sundramoorthy, mereka tahu kelemahan Indonesia dan akan memanfaatkannya. Terbukti gol pertama disarangkan oleh pemain Singapura, Khairul Amri.

Berawal dari set piece tendangan sudut, bola berhasil ditanduk oleh pemain Indonesia Fachrudin, tapi bola justru memantul ke arah Khairul Amri. Striker timnas Singapura ini membuat gol indah dengan tendangan salto yang tidak bisa dijangkau Kurnia Meiga.

Gol mengejutkan itu membuat Indonesia semakin menekan. Boaz Solossa dan Stefano Lilipaly mengincar gawang Singapura, sayang keduanya belum mampu membuat Garuda menyamakan kedudukan.

Di babak kedua Evan Dimas Darmono ditarik keluar, digantikan oleh Fedinan Sinaga.

Terus bermain menekan akhirnya Andik Vermansyah membawa Indonesia menyamakan kedudukan di menit ke-61. Berawal dari umpan silang Rizky Pora dari sayap kiri, Andik melakukan first time yang cantik. Skor jadi 1-1. Gol tersebut membuat Singapura melakukan serangan balasan. 

Di menit ke-77 Zulham Zamrun masuk menggantikan Rizky Pora. Perubahan komposisi pemain berubah, Andik bermain di sayap kiri sementara Zulham di sayap kanan.

Indonesia akhirnya unggul lewat Stefano Lilipaly. Umpan Boaz di sisi sayap kiri dimanfaatkan menjadi gol oleh Lilipaly. Skor 2-1 tidak berubah hingga Indonesia akhirnya lolos ke semifinal. (CR-2/*)

Berita Terbaru