Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Bandung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Petani Akui Perhatian Pemerintah Kota Palangka Raya Tinggi

  • Oleh Testi Priscilla
  • 26 November 2016 - 21:45 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Selama ini masyarakat diberitakan hanya terus mengeluh dengan kinerja pemerintah. Yang dianggap lamban, dianggap pilih kasih, dianggap pungli. Ternyata di kalangan petani, kinerja pemerintah terutama Pemerintah Kota Palangka Raya dinilai tinggi. Pemko dinilai sangat memperhatikan kesejahteraan petani.

"Kalau ke kami perhatian pemerintah tinggi sekali. Kami dibantu penuh sama pemerintah untuk menanam padi, ya. Lalu untuk nanas juga kami sangat dibantu pemerintah," ungkap Suyati, pedagang nanas di jalan G Obos Ujung Lingkar Luar kepada Borneo News, Sabtu (26/11/2016).

Ia mengatakan, pemerintah kota melalui Dinas Pertanian memberikan bibit, pupuk serta tak lupa melakukan kunjungan dan sosialisasi kepada petani.

"Kami merasa sangat diperhatikan, jadi tidak ada masalah. Nah, yang nanas ini selingan aja, ditanam di pematang sawah padi kami tapi ternyata dibantu juga oleh dinas," ujar wanita 36 tahun ini.

Hal serupa ternyata juga dirasakan Suryani, warga Pangkoh 8 Kabupaten Pulang Pisau. Kakak dari Suyati ini kebetulan mengunjungi adiknya di Palangka Raya dan juga menjual hasil panen nanasnya. Di sana, Suyati juga mengapresiasi perhatian pemerintah.

"Di sana juga penyuluh rutin datang ke kami. Syukur kami sangat diperhatikan," ujarnya.

Tercatat, Pemko Palangka Raya memiliki 31 tenaga penyuluh. Dari 31 orang tenaga penyuluh berstatus ASN ini, 15 di antaranya bertugas sebagai penyuluh peternakan, 5 orang sebagai penyuluh perikanan, 10 orang penyuluh umum dan 1 penyuluh kehutanan.

"Dari jumlah itu ada 10 penyuluh lagi yang statusnya masih tenaga honorer. Sebenarnya mereka para penyuluh ini adalah ujung tombak pemerintah dalam pemberdayaan dan peningkatan kualitas serta pengetahuan petani, pekebun dan peternak. Ini untuk mendukung program swasembada dan ketahanan pangan. Karena itu Pemkot harus bekerja ekstra mewujudkan harapan ini," ungkap Nenie A Lambung, Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, baru-baru ini.

Penyuluh pertanian, menurut dia, juga memiliki peran besar dalam meningkatkan mutu dan produktivitas termasuk pengembangan jenis tanaman dari sektor perkebunan maupun dari sektor peternakan. Penyuluh harusnya kreatif dalam meingkatkan pengetahuan petani daerah ini. (TESTI PRISCILLA/m)

Berita Terbaru