Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KPA Bagikan 126 Ribu Alat Kontrasepsi Selama 2016

  • Oleh Budi Yulianto
  • 27 November 2016 - 10:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kalimantan Tengah membagikan 126.432 alat kontrasepsi atau kondom selama 2016. Kondom tersebut diberikan kepada siapa saja yang memiliki perilaku berisiko tinggi untuk mencegah tertularnya HIV/AIDS

'Setiap orang yang merasa berperilaku berisiko tinggi, maka disarankan untuk menggunakan kondom. Berperilaku berisiko tinggi itu adalah orang yang gonta-ganti pasangan seks. Jadi ketika anda tidak merasa berperilaku berisiko tinggi, itu berarti tidak perlu pakai,' kata Sekretaris KPA Kalteng William Katopo kepada wartawan, Sabtu (26/11/2016).

Dia menuturkan, kondom yang telah didistribusikan itu merupakan bagian dari total 145.440 yang diterima dari KPA pusat. Jumlah ini lebih sedikit ketimbang 2015 dengan total 364.176 dan didistribusikan sebanyak 248.372.

Menurutnya, tidak ada kategori status siapa yang harus memakai kondom. Tidak pula harus pekerja seks komersial (PSK) semata. Apalagi, dari data saat ini, pekerja wiraswata menempati posisi teratas penderita HIV/Aids, disusul ibu-ibu. Kemudian PNS, dan barulah pada posisi PSK.

Masih menurutnya, penampilan luar bukanlah jaminan seseorang bebas dari HIV. Bahkan orang dengan HIV positif sering terlihat sehat dan merasa sehat. Jika belum melakukan tes HIV, orang yang positif HIV tidak tahu bahwa dirinya sudah tertular HIV dan dapat menularkan HIV kepada orang lain.

Tes HIV adalah satu-satunya cara untuk mendapatkan kepastian tertular HIV atau tidak.

Penularan HIV juga tidak sekadar dari hubungan seks berganti-ganti pasangan. Namun juga dapat dari ibu ke bayi melalui proses kehamilan, melahirkan dan menyusui. Juga dapat melalui jarum suntik yang digunakan secara gantian, bekas pakai dan tidak steril. (BUDI YULIANTO/m)

Berita Terbaru