Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wah, SMAN 5 Pilih Pengurus OSIS dengan Sistem Komputerisasi

  • Oleh Testi Priscilla
  • 27 November 2016 - 10:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Unik. Sangat unik. Sekolah favorit di Palangka Raya ini melakukan pemilihan pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dengan sistem komputerisasi. 

Selain menjalankan pesta demokrasi, cara yang dilakukan juga terbilang unik bahkan modern. Tidak lagi menggunakan kertas dan bolpen ataupun kertas dan paku untuk mencoblos, penghuni SMAN 5 Palangka Raya menggelar pesta demokrasi dengan mengklik pilihan, klik kirim dan selesai.

"Ini adalah bagian dari pembelajaran praktik berdemokrasi di sekolah untuk menentukan Pengurus OSIS Tahun Pelajaran 2016/2017. Meski agak terlambat, kegiatan ini tetap harus dilaksanakan karena merupakan bagian dari Program Kesiswaan," ungkap Kepala SMAN 5 Palangka Raya Arbusin didampingi Wakasek Kesiswaan Jonkenedy, dan beberapa rekan guru yang juga telah menggunakan hak pilihnya, Sabtu (26/11/2016).

Sekolah di Jalan Tingang Km 3,5 ini menngelar pesta demokrasi pemilihan Pengurus OSIS yang terdiri dari calon ketua, calon sekretaris, dan calon bendahara dengan sistem komputerisasi. Pemilik hak pilih hanya tinggal menyalurkan hak pilihnya dengan cara melihat layar komputer, memperhatikan foto para calon, mengklik tanda lingkaran sesuai pilihan, mengklik kirim, dan selesai.

Pemilih yang sudah menggunakan hak pilihnya segera keluar dari lab komputer dan mencelupkan jarinya pada cairan tinta biru di depan panitia. Tentu ini sebagai tanda sudah memilih dan tidak boleh memilih lebih dari sekali.

Kepala Sekolah tentu saja turut menyalurkan hak pilihnya. Meski harus dipandu panitia, akhirnya pria yang juga guru Pendidikan Agama Islam ini dapat menentukan pilihannya secara langsung, bebas, dan tetap rahasia.

Beberapa hari sebelumnya para calon Pengurus OSIS juga telah melakukan serangkaian kampanye dan Pemaparan visi dan misi di hadapan para siswa dan guru. Dalam kegiatan itu, para calon telah menyatakan tekad dan janjinya jika terpilih laksana calon gubernur atau presiden yang menjaring simpati rakyatnya.

"Saya berharap para pengurus terpilih nanti bisa memenuhi janjinya kepada 400-an rekan siswa yang memilihnya serta dapat bekerja sama, khususnya dengan Bagian Kesiswaan. Siapa pun yang terpilih akan kita tunggu aksi nyatanya," tambahnya Arbusin. (TESTI PRISCILLA/m)

Berita Terbaru