Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketua Dewan Adat Dayak Kalteng Sumbang Tiket ke India

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 27 November 2016 - 22:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kalimantan Tengah Agustiar Sabran tidak hanya ikut hadir dalam pembukaan Festival Tandan Intan Kaharingan (FTIK) di Kuala Kurun Kabupaten Gungung Mas, Sabtu (26/11/2016) malam.  Ia juga bakal ikut memberangkatkan lima peserta terbaik yang meraih juara di FTIK ke India.

Agustiar mengatakan, hal itu selain bentuk perhatian atau memotivasi peserta kepada peserta juga dalam rangka memberikan dukungan penuh kepada kegiatan keagamaan yang ada di Kalteng.

Ia juga menegaskan, DAD merupakan organisasi adat yang mengayomi semua lapisan masyarakat yang ada di Kalteng.

'DAD Kalteng sangat mendukung semua kegiatan keagamaan dan adat yang ada di Kalteng. Kita jaga keberagamaan dan kebhinekaan. Kita banyak agama tetapi tetap rukun dan damai sesuai falsafah huma betang yang kita pegang dari turun temurun dan terus kita jaga,' kata dia, Minggu (27/11/2016).

Ia mengingatkan, tidak pada tempatnya mengatakan DAD adalah milik kelompok tertentu. Jusru, menurut dia, DAD mewadahi berbagai kelompok yang ada, tidak terkotak-kotak atau tersekat-sekat berdasarkan agama.

'Dalam DAD ada berbagai agama, dan itu tidak menjadikan masalah untuk rukun dan damai. DAD adalah wadah bagi semua warga Dayak. Jadi dalam DAD adalah tempat bagi semua agama untuk bergabung. Tidak ada DAD muslim atau DAD kristen dan sebagainya yang sifatnya pengkhususan,' tegas dia.

Ia pun mengungkap keinginannya agar kegiatan keagaamaan dan adat mampu tampil sukses dan memberikan dampak postif bagi masyarakat. Ia pun mendukung penuh FTIK dalam kerangka positif tersebut.

Dukungan yang diberikan DAD tidak hanya sekadar ucapan. Dukungan itu, dibuktikan Ketua DAD dengan memberikan bantuan dana kepada lima pemenang dalam Festival Tandak Intan tersebut untuk melakukan perjalanan suci ke India.

'Kita dukung sepenuhnya dan DAD akan ikut memberangkatkan lima orang pemenang. Ini melengkapi alokasi Pemerintah Provinsi Kalteng yang akan memberangkatkan 20 orang pemenang. Jadi total nanti ada 25 orang diberangkatkan,' katanya seraya menginginkan ke depannya kegiatan ini bisa lebih baik. (ROZIKIN/m)

Berita Terbaru