Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ngada Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gubernur Kalteng Minta Festival Tandak Intan Kaharingan IX di Barito Timur

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 28 November 2016 - 05:15 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran meminta agar penyelenggaraan Festival Tandak Intan Kaharingan IX di Kabupaten Barito Timur. Ini agar ada pemerataan antarkawasan sebagai penyelenggara kegiatan tingkat provinsi.

Gubernur Sugianto mengatakan itu sebelum membuka resmi Festival Tandak Intan Kaharingan (FTIK) VIII Tingkat Provinsi Kalteng 2016 di Stadion Mini Kuala Kurun, Kabupaten Gunung Mas, Sabtu (26/11/2016) malam. Kegiatan kerohanian umat Hindu Kaharingan ini dua tahun sebelumnya berlangsung di Kabupaten Katingan.

'Saya ingin agar penyelenggaraan selanjutnya adalah Bartim sebagai tuan rumahnya. Saya ingin ada pemerataan. Kemarin banyak kegiatan di wilayah barat, kemudian ke tengah, lalu ke kawasan timur di DAS Barito. Dengan pemerataan, juga ada pergerakan ekonomi riil masyarakat sekitar lokasi penyelenggaraan. Itu intinya,' tandas gubernur.

Sugianto juga menyebutkan, selama ini banyak kegiatan berlangsung di wilayah tengah. Bahkan sering di Palangka Raya. Padahal di ibu kota Kalimantan Tengah ini, menurut Sugianto, sudah sering menjadi tempat penyelenggaraan kegiatan provinsi bahkan ingkat nasional. 

'Kalau terlalu sering juga nggak baik, karena kegiatan di pusat kota ini sudah banyak menumpuk,' ujarnya.

Sementara itu Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kalteng Agustiar Sabran yang juga hadir dalam kesempatan tersebut mengaku kagum dengan penampilan atraksi seni budaya yang ditampilkan beberapa remaja Kalteng yang tergabung dalam beberapa sanggar.

Agustiar juga mengungkap, baru kali ini duta DAD ditampilkan dalam kegiatan tingkat provinsi seperti di FTIK. Ke depan ia akan menggali lagi potensi karya seni dan budaya asli Dayak yang berakulturasi dengan agama, baik Islam, Hindu Kaharingan, Kristen, dan sebagainya.

'Nantinya akan dikembangkan lagi tari-tarian kreasi, sanggar akan semakin banyak yang akan kita bina. Duta pemuda-pemudi Dayak juga akan dikembangkan prestasinya,'ungkap Agustiar usai acara pembukaan berakhir. (ROZIKIN/m)

Berita Terbaru