Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Banggai Laut Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jalan Danau Mare Desa Samba Danum Kian Parah

  • Oleh Rokim
  • 28 November 2016 - 12:03 WIB

BORNEONEWS, Katingan -- PEMKAB Katingan sepertinya menganaktirikan pembangunan infrastruktur jalan di Desa Samba Danum, Kecamatan Katingan Tengah.  Buktinya Jalan Danau Mare tak kunjung diperbaiki.  Kondisinya rusak parah.  Badan jalan menjadi bubur setiap kali setelah diguyur hujan. Padahal setiap tahun jalan ini diusulkan,  tapi selalu nihil realisasi. 

"Sudah sekitar 10 tahun jalan ini belum ada perawatan. Sudah beberapa kali diusulkan lewat musrenbang kecamatan dan kabupaten, tapi tidak pernah terpampang dalam RAPBD," tulis Rudi Hartono dalam akun Facebook,  Minggu (27/11/2016).

Rudi Hartono yang juga mantan Anggota DPRD Katingan ini menuturkan pada 2016 ini ada dua jembatan di lalan provinsi Pundu-Tumbang Samba diganti, tapi jmbatan darurat yang dibuat tidak mampu dilewati kendaraan yang mengangkut beban lebih dari 5 ton.  Akibatnya beberapa alat pengangkut milik perusahaan pertambangan yang ada di sekitar Desa Mirah Kalanan harus melewati jalan tersebut, sehingga memperparah kerusakan  jalan yang sudah rusak sejak 10 tahun itu. 

Hartono menjelaskan masyarakat di sepanjang jalan tersebut sudah mulai resah karena jalan mereka yang sudah rusak bertambah parah.  Tidak hanya Jalan Danau Mare, kini kerusakan jalan itu bertambah panjang hingga ke jalan lomba desa menuju SMAN 1.

"Saya ingin mengetuk hati pemkab agar jalan ini tidak dilupakan untuk tahun anggaran 2017. Anggota DPRD dapil 3 dan komisi 3 agar bisa meninjau jalan itu sekaligus mengajak dinas PU," pesannya. 

Dia berharap Pemkab Katingan menganggarkan dana perbaikan Jalan Danau Mare di APBD 2017. Jika tidak, maka pemkab dinilai tidak peduli dengan warga Samba Danum,  tapi lebih mementingkan masyarakat lainnya.

"Atau karena jalan ini sudah masuk APBD 2017 sehingga ingin membuat suprise bagi masyarakat. Atau masa bodoh, karena sibuk memperjuangkan dana aspirasi untuk kelompok tertentu,  bukan untuk fasilitas umum seperti tahun sebelumnya, " sindirnya. (ROKIM/*) 

Berita Terbaru