Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kasongan Mulai Panen Durian

  • Oleh Abdul Gofur
  • 29 November 2016 - 15:32 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Kasongan mulai panen durian. Sejak beberapa hari ini, buah durian mulai dijajakan sejumlah pedagang, terutama di tepi Jalan Trans Kalimantan, di Kasongan, Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah.

Menurut pantauan Borneonews, Selasa (29/11/2016) siang, menunjukkan penjual buah durian masih tergolong sedikit dan belum ramai. Selain di Jalan Trans Kalimantan Kasongan-Kereng Pangi yaitu di Km3 dan 4, penjual buah yang memiliki duri tajam itu juga tampak di sekitar SPBU Lunuk Ramba Kasongan. 

Lainnya di Jalan Trans Kalimantan antara Kasongan-Palangkaraya tepatnya di sekitar muara Jalan Soekarno-Hatta Kereng Humbang. Di tempat ini sedikitnya ada lima lapak penjual buah yang memiliki bau harum menyengat itu.

Namun buah durian yang dijual ini masih tergolong cukup mahal, yakni antara Rp30 ribu hingga Rp100 ribu per buah.

Sinta, seorang penjual durian di Jalan Trans Kalimantan, tepatnya muara Jalan Soekarno-Hatta mengakui, harganya masih mahal karena baru sedikit pemilik kebun atau tanaman durian yang mulai panen. "Buah durian ini dari wilayah Kecamatan Pulau Malan, seperti Desa Buntut Bali, Tewang Rangkang dan Kuluk Bali." 

Sinta menjual satu buah durian ukuran sebesar kepala orang dewasa Rp100 ribu. Yang sedang Rp75 ribu hingga Rp80 ribu per buah. Yang paling kecil dijual Rp30 ribu.

Selain durian jenis ontek udang, jenis baluh juga banyak diburu warga. Pasalnya durian jenis ini memiliki cita rasa cukup enak dan daging buahnya tebal.

Sinta mengaku, meski harga durian mahal, dalam tiga hari terakhir ini banyak warga yang membeli dagangannya, terutama warga yang hendak ke arah Kota Palangka Raya maupun Sampit, Kotawaringin Timur. "Biasanya mereka belinya paling sedikit 5 buah, katanya untuk oleh-oleh."

Kepala Dinas Pertanian Katingan, Hendri Nuhan mengungkapkan, tidak semua pohon durian di daerahnya berbuah tahun ini. Pasalnya, hal itu dipengaruhi oleh cuaca yang tidak bersahabat saat pohon durian tengah berkembang.

"Kalau yang di Kasongan ini masih belum panen, mungkin Januari nanti, dan durian yang sekarang ini dari beberapa wilayah terutama bagian hulu," katanya.

Menurut Hendri, durian Kasongan sejauh ini dikenal, terutama di Pulau Kalimantan. "Buah durian dari wilayah Katingan ini cukup dikenal, misalnya di Banjarmasin, Kalimantan Selatan,  kalau sudah musim buah durian ini banyak pedagang durian di sana yang memberi label durian Kasongan." (ABDUL GOFUR/N).

Berita Terbaru