Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Parpol Diminta Bertanggung Jawab atas Stabilitas Sosial Politik Masyarakat

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 29 November 2016 - 16:50 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Partai Politik dituntut senantiasa bertanggungjawab atas fenomena sosial politik di tengah-tengah masyarakat saat ini. Tidak terkecuali yang berpotensi mengganggu stabilitas keamanan dan gejolak sosial.

"Dinamika sosial dan perkembangan masyarakat majemuk, menuntut peningkatan peran dan fungsi parpol dalam peran yang benar-benar nyata," kata Asisten I Setda Lamandau, Tahan Sandi, dalam kegiatan Sosialisasi Pemantapan Stabilitas Sosial Politik, yang dihadiri perwakilan pengurus lintas parpol di Lamandau, yang digelar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Lamandau, di Nanga Bulik, Selasa (29/11/2016).

Tahan Sandi saat membuka acara yang berlangsung di Aula Bappeda tersebut mengatakan, peran parpol dan ormas sangat diperlukan. Karena itu, selaku pembina parpol pemerintah berharap parpol benar-benar hadir dan mampu menularkan nilai-nilai kebangsaan kepada masyarakat luas.

"Possisioning parpol sangat strategis dalam membangun karakter bangsa. Karenanya, kami berharap parpol menularkan nilai-nilai kebangsaan untuk menjaga stabilitas nasional, khususnya dalam hal sosial dan politik," tutur Tahan Sandi.

Dirinya menilai, selain berperan dalam memberikan pendidikan politik kepada masyarakat, parpol juga berperan sebagai dinamisator dan pengontrol konflik di masyarakat. Artinya, parpol jangan hanya hadir di kala ada kontestasi politik, lebih dari itu parpol juga diharapkan harus hadir dan mengaplikasikan nilai-nilai kebangsaan di tengah masyarakat setiap saat. Sehingga kondisi masyarakat tetap terjaga dan kondusif, tidak mudah untuk diprovokasi.

Ketua panitia, Heru Priyono, saat menyampaikan laporan menyebut, salah satu tujuan mendasar dilaksanakannya sosialisasi pemantapan stabilitas sosial dan politik tersebut, meningkatkan pendidikan politik dan partisipasi politik kepada masyarakat.

"Dalam hal ini sebagai upaya pembelajaran dan pendewasaan dalam berpolitik guna terciptanya stabilitas sosial politik yang kondusif di daerah," jelasnya.

Sementara dalam paparan, seorang narasumber, Mayor Inf. Supriyanto, mengajak semua elemen masyarakat, khususnya pengurus parpol, untuk bersama-sama menyebarkan semangat nasionalisme dan menjaga bangsa Indonesia dari potensi perpecahan.

"Parpol harus bisa menggerakkan dan membina kader-kadernya. Supaya kader-kader parpol juga turut serta menjaga persatuan dan kesatuan bangsa," ucap Mayor Inf. Supriyanto, Perwira Penghubung Kodim 1014 Pangkalan Bun tersebut. (HENDI NURFALAH/N).

Berita Terbaru