Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mofit Banggakan Taiwan yang Ekonominya Stabil

  • Oleh Testi Priscilla
  • 29 November 2016 - 18:22 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Wali Kota Palangka Raya, Mofit Saptono Subagio membanggakan Taiwan, negara dengan stabilitas ekonomi luar biasa, yang ternyata ditopang oleh pertumbuhan UMKM. Mofit memimpin delegasi Pemkot Palangka Raya berkunjung ke negara yang tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Indonesia itu, selama beberapa hari sejak Rabu (23/11/2016). Ia menepis kritik seolah-olah kunjungan itu untuk plesiran.

"Kami ke sana, ke Taiwan, bukan untuk jalan-jalan. Kami pergi karena mereka adalah negara yang punya stabilitas ekonomi luar biasa dan ternyata hanya mengandalkan UMKM," ungkap Wakil Wali Kota Palangka Raya, Mofit Saptono Subagio saat membuka seminar Usaha Mikro Kecil dan Menengah, di Aula Palampang Tarung, di Palangka Raya, Selasa (29/11/2016).

Mofit mengatakan, seolah merupakan takdir, saat pulang kembali ke Palangka Raya ternyata ada seminar UMKM, sehingga pihaknya mendapat ruang untuk mengabarkan kepada masyarakat betapa UMKM sangat penting perannya bagi negara.

"Perlu dicermati, yang kita bicarakan masalah daya saing UMKM kita. Kami ke sana bawa abon ikan dari Indonesia karena takut tidak cocok dengan makanan di sana. Waktu kami mulai makan ada yang bertanya itu apa, saya jawab ini abon ikan gabus. Minta mereka, mencicipi. Ternyata saya pulang, saya cek facebook, ada yang minta saya kirim ini ke Taiwan. Tapi masa saya kirim begini Packingnya begini Ini kekurangan kita," ungkap Mofit seraya menunjukkan packing atau kemasan Abon Haruan yang hanya polos dibungkus plastik.

Ia ragu dapat mempromosikan hasil olahan UMKM jika kemasan belum diperbaiki. Di sinilah semua elemen menurutnya harus dilibatkan. Mulai dari Koperasi, UMKM, Regulasi, Pemerintah, Perbankan dan Perguruan Tinggi.

"Saudara-saudara kita yang di industri mikro ini kan pusing memikirkan kemasannya bagaimana, bukan mereka yang harusnya memikirkannya tapi peneliti-peneliti di Perguruan Tinggi. Maaf ya, peneliti ini kan cuma punya otak tapi tidak punya modal. Yang punya modal kan pengusaha. Makanya ke depan yang akan kita benahi adalah kemasan agar mampu bersaing dengan daerah bahkan negara lain," pungkasnya.

Dalam kegiatan ini juga diserahkan bantuan berupa 10 buah gerobak usaha oleh penyelenggara kegiatan Seminar UMKM yaitu PT Indomaret yang diserahkan secara simbolis oleh Mofit Saptono. (TESTI PRISCILLA/N).

Berita Terbaru