Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Cilegon Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Seruyan Siaga Penularan Virus HIV dari Kabupaten Tetangga

  • Oleh Parnen
  • 01 Desember 2016 - 14:36 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Seruyan siaga penularan virus HIV/AIDS dari kabupaten tetangga. Dalam rangka peringatan Hari AIDS Sedunia 2016, pada 2012 jumlah penderita di Kalimantan Tengah 3.761 orang. Sampai 2016, hanya 810 orang atau sekitar 21 persen. Dari data jumlah penderita penyakit mematikan itu, diperkirakan ada 2.951 atau sekitar 79 persen penderita belum terdeteksi. 

'Jumlah ini akan terus bertambah kalau tidak ada tindakan nyata dari kita semua. Kita siaga ada penularan virus dari kabupaten tetangga. Apalagi Seruyan diapit oleh Kabupaten Kotawaringin Timur yang jumlah penderita HIV AIDS-nya di urutan kedua setelah Kota Palangka Raya dan Kotawaringin Barat urutan ketiga, serta Propinsi Kalimantan Barat pada posisi kedelapan untuk skala nasional,' kata Ketua Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Seruyan, Sudarsono, di Kuala Pembuang, Rabu (30/11/2016).

Sudarsono yang juga Bupati Seruyan menginstruksikan seluruh SKPD terkait agar bersungguh-sungguh dalam menyikapi permasalahan tersebut. Kepada SKPD lainnya, ditambah organisasi massa dan kalangan pengusaha agar ikut berpartisipasi aktif mensukseskan pencegahan dan penanggulangan HIV AIDS khususnya pada lingkungan dan jajarannya.

"Hal ini sesuai instruksi Mendagri nomor : 444.24/2259/SJ tahun 2013 tentang penguatan kelembagaan dan pemberdayaan masyarakat dalam penanggulangan HIV AIDS di daerah,' pinta Sudarsono.

Sementara itu, Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Seruyan, Fathurahmadi, menyampaikan, pihaknya lebih banyak melakukan sosialisasi secara menyeluruh hingga ke seluruh kecamatan di Seruyan.

'Sosilisasi kita dalam mengantisipasi penyebaran atau penularan virus penyakit itu juga bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Seruyan. Sosialisasi soal ancaman penyakit itu sudah kita lakukan hingga kecamatan paling ujung Seruyan, yakni di Kecamatan Suling Tambun,' kata Fathurahmadi.

Fathurahmadi menyebut, sampai saat ini jumlah penderita HIV AIDS yang terdapat di Seruyan sebanyak tiga orang. Dengan rincian satu orang menderita HIV dan dua orang lainnya positif menderita atau terkena AIDS. Namun tiga penderita yang dimaksud, lanjut dia, merupakan data penemuan tahun sebelumnya. Sementara untuk tahun 2016 ini, ada atau tidak adanya temuan kasus baru menyangkut HIV AIDS belum mereka terima.

'Meskipun jumlah penderita itu termasuk data atau temuan lama di tahun-tahun sebelumnya, tetap saja kita dari pihak Komisi Penanggulangan AIDS menaruh perhatian serius terkait ancaman penyakit tersebut. Terlebih kita di Seruyan juga harus waspada, mengingat banyak penderita HIV AIDS terdapat di kabupaten tetangga seperti Kotim dan Kobar,' terang dia.

Untuk mengantisifasi ancaman penyakit tersebut, tambahnya, pihaknya selain melakukan sosialisasi, juga mengintensifkan pemantauan lapangan pada lokasi atau tempat yang diduga kuat menjadi lokasi prostitusi yang masuk wilayah Seruyan, seperti pada kawasan kilometer ruas jalan Sampit ' Pangkalan Bun yang masuk wilayah Seruyan.

'Ancaman penyakit membahayakan ini harus bisa kita cegah sedini mungkin. Butuh peran serta dan keterlibatan aktif dari semua pihak untuk meniadakannya,' ungkapnya. (PARNEN/N).

Berita Terbaru