Aplikasi Pemenangan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tim Saber Pungli Kotawaringin Timur Mulai Bekerja

  • Oleh Rafiuddin
  • 01 Desember 2016 - 06:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Bupati Kotawaringin Timur Supian Hadi mengukuhkan Tim Saber (Sapu Bersih) pungutan liar (pungli) di halaman kantor Bupati setempat. Pengukuhan tim saber pungli sebagai komitmen memberantas pungli di lingkungan pemerintah Kotim.

'Satgas ini baru dikukuhkan pada hari ini, agar efektifitas kerja maskimal. Tim ini kami informasikan kepada publik bahwa lebih serius untuk menghalangi dan memberantas pungli di seluruh instansi di Kotim,' tegas Supian Hadi, usai mengukuhkan tim saber pungli di halaman Kantor Bupati, Rabu (30/11/2016).

Tim Saber Pungli yang dikukuhkan melibatkan seluruh unsur Muspida Kotim, diketuai oleh Wakapolres Kotim Kompol Bronto Budianto, unsur lainnya seperti Kepolisian, TNI, Kejaksaan, Pengadilan, pejabat pemerintah.

Pembentukan ini sesuai nawa cita Presiden RI Joko Widodo dengan mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 87/2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli).

Sasaran yang akan menjadi objek tugas satgas saber pungli yakni semua pelayanan masyarakat di setiap institusi, baik itu Pemerintah Daerah, Polri maupun TNI dan satgas ini mempunyai beberapa fungsi seperti fungsi intelijen, pencegahan, penindakan dan yustisi.

'Tim Saber pungli ini kita bentuk dalam rangka memberantas aksi pungli di Kotim. Kita memang tidak tahu tapi isunya sering, bahkan ada yang hendak pelayanannya cepat harus ada ini dan itunya. Bagi yang tidak ada itunya mungkin terlambat, ini menjadi fokus tim saber dengan melibatkan semua instansi penegak hukum dan pemda ini,' kata Supian.

Dia berharap, keberadaan tim saber pungli ini tidak hanya meramaikan disaat pembentukannya saja. Tetapi benar-benar menjalankan tugas dan fungsinya untuk memberantas aksi pungli di Kotawaringin Timur.

'Bukan untuk melengkapi instruksi presiden, tapi bagaimana bekerja sebaik mungkin untuk memangkas dan meniadakan pungli di Kotim. Instansi terkait yang tergabung dalam tim saber pungli mengembalikan kepercayaan publik pada pemerintah," ucapnya.

Dia menambahkan, bahwa pembentukan ini bertujuan menimbang tentang praktik pungutan liar telah merusak sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara sehingga perlu upaya pemberantasan secara tegas, terpadu, efektif, dan mampu menimbulkan efek jera.

'Masyarakat yang tidak mendapatkan pelayanan yang baik, apalagi jika ada oknum pegawai yang meminta uang untuk pelayanan dia meminta untuk dilaporkan ke tim saber pungli,' katanya. (RAFIUDIN/m)

Berita Terbaru