Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Karawang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Meski Zero Accident, Pelanggaran Selama Operasi Zebra di Lamandau Tinggi

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 01 Desember 2016 - 15:22 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Satuan Polisi Lalu Lintas (Satlantas) Polres Lamandau bangga dan bahagia. Betapa tidak, selama Operasi Zebra Telabang 2016, yang baru saja berakhir, diketahui tidak ada kecelakaan lalu lintas yang menyebabkan adanya korban meninggal dunia atau umum disebut Zero Accident. Meski begitu, diakui angka pelanggaran lalu lintas masih cukup tinggi.

"Hingga pukul 23.59 WIB tanda berakhirnya Operasi Zebra 2016, kita pastikan di wilayah hukum Lamandau zero accident," kata Kapolres Lamandau, AKBP Johanes Pangihutan Siboro, melalui Kasatlantas Polres Lamandau, AKP Budiono kepada Borneonews, di Nanga Bulik, Rabu (30/11/2016).

Namun demikian, katanya, jumlah pelanggar lalu lintas di tahun 2016 ini tercatat justru jauh meningkat. Apalagi jika dibandingkan dengan angka di tahun 2015 lalu. Data pelanggar lalin selama Operasi Zebra tahun ini berjumlah 450 perkara. Dari jumlah tersebut, pelanggar lalu lintas yang ditilang sebanyak 340 perkara, dan sebanyak 119 pelanggar lainnya hanya diberikan sanksi teguran.

Angka tersebut dinilai cukup tinggi jika dibandingkan dengan operasi yang sama, tahun 2015 lalu. Dimana, jumlah pelanggar lalu lintas yang ditilang hanya 161 perkara dan teguran sebanyak 180 perkara.

Budiono juga menyebut, pelanggaran lalu lintas yang terjadi selama operasi zebra tahun ini didominasi oleh sepeda motor, yakni sebanyak 202 perkara, mobil penumpang sebanyak 77 perkara dan sisanya kendaraan lain. "Untuk pelanggaran sepeda motor ini, kebanyakan dilakukan oleh karyawan perusahaan swasta."

Tetapi, tegas dia, untuk tahun ini sasaran atau target operasi (TO) juga kita ubah. Terhadap semua pelanggaran yang berpotensi menyebabkan kecelakaan lalu lintas seperti halnya melawan arus, maka langsung ditilang. Karenanya, pihaknya juga meyakini jika perubahan pola sasaran operasi tersebut telah berdampak positif, dimana hasil yang menggembirakannya adalah tidak adanya korban meninggal dunia akibat lakalantas.

"Namun begitu, kami tetap menghimbau kepada seluruh masyarakat agar ke depan bisa lebih tertib lalu lintas, agar tidak terjadi kecelakaan," ucapnya.

Apalagi, imbuhnya lagi, sebentar lagi akan menghadapi perayaan Natal dan Tahun baru, yang bisa dipastikan volume kendaraan di jalan juga meningkat. (HENDI NURFALAH/N).

Berita Terbaru