Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Barru Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Lantik Unit Satgas Saber Pungli Kabupaten Pulang Pisau

  • Oleh James Donny
  • 01 Desember 2016 - 06:30 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Bupati Pulang Pisau H Edy Pratowo melantik Unit Satuan Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Kabupaten Pulang Pisau, di halaman kantor Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau, Rabu (30/11/2016).

Bupati Pulang Pisau dalam sambutannya menyatakan bahwa pemerintah daerah Kabupaten Pulang Pisau sangat mendukung terbentuknya unit satuan tugas sapu bersih pungutan liar Kabupaten Pulang Pisau ini.

'Semoga dengan telah dibentuknya unit satuan tugas sapu bersih pungutan liar ini sebagai jawaban alternative untuk mencegah berkembangnya pungutan liar di berbagai sektor organisasi perangkat daerah dan institusi lainnya yang melakukan pelayanan public sebagaimana undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang pelayanan public,' kata Edy.

Menurut Edy pemberantasan pungutan liarmerupakan salah satu program prioritas dari 8 (delapan) bentuk reformasi birokrasi dan bentuk dukungan terhadap 9 (Sembilan) nawa cita Presiden Republik Indonesia, dan unit satuan tugas Saber Pungli ini memiliki fungsi utama yakni membantu pemerintah daerah dalam melaksanakan tugas pemberantasan pungutan liar di berbagai sektor layanan public dengan berbagai tingkatan dan karakteristik yang berbeda-beda.

Dibentuknya unit Saber Pungli ini dikarenakan berkembangnya pungutan liar yang berdampak memiskinkan Negara secara tidak langsung, menurunkan nilai-nilai moral bangsa dan memupuk benih-benih korupsi. 'Jika dibiarkan secara terus menerus akan membudaya dalam lini-lini kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,' katanya.

Pungutan liar saat ini kata Bupati sangat memprihatinkan karena merambah mulai dalam tatanan pemerintah pusat, pemerintah proviunsi sampai dengan pemerintah kabupaten/kota diberbagai institusi dan kalangan birokrasi. Harapannya dengan terbentuknya Unit Datuan Tugas Saber di Pulang Pisau ini, masalah pungli di daerah dapat diatasi dengan cepat dan tegas.

Ketua Unit Satgas Saber Pungli Kabupaten Pulang Pisau Kompol M Zainur Rofik mengatakan dengan terbertuknya Satgas ini, diharapkan akan meningkatkan pelayanan public di seluruh instansi. 'Masalah pelayanan public seluruh instansi menjadi focus utama kita,' kata Wakapolres Pulang Pisau ini. (JAMES DONNY/m)

Berita Terbaru