Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bolmong Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Semua Paslon Siap Menang dan Siap Kalah

  • 30 November 2016 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Lima pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menyatakan siap menang dan siap kalah dalam Pilkada Kotawaringin Barat 2017. Pernyataan itu dituangkan dalam komitmen bersama yang ditandatangani semua kandidat dalam acara Rapat Koordinasi Stakeholders, di Ballroom, Hotel Swiss Belinn, Pangkalan Bun, Rabu (30/11/2016).

"Ini menjadi sebuah tradisi dalam pelaksanaan Pilkada, dimana tradisi ini dimulai dari Pilkada 2015 yang lalu," ujar Tenaga Ahli Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia (Bawaslu RI), Saparudin.

Saparudin berharap, kepada seluruh Paslon setelah menandatangi fakta integritas ini, yang diawali dengan pernyataan komitmen bisa dilaksanakan sesuai dengan apa yang telah disampaikan Paslon dan telah ditandatangani.

"Komitmen dan penandatanganan pakta integritas ini, menjadi dokumen bagi penyelenggara dan juga bagi masyarakat, bahwa sebenarnya Paslon itu sudah menyampaikan komitmennya dan termasuk menandatangani pakta integritas," terangnya.

Saparudin menegaskan, tidak ada alasan lagi bagi seluruh Paslon, apabila pada perhitungan suara pada tanggal 15 Februari 2017 keluar dari komitmen yang disampaikannya. Karena ini merupakan sebuah tanggungjawab moral yang dilaksanakan oleh seluruh Paslon dan juga penyelenggara, termasuk juga pemilih di Kabupaten Kobar.

Selain itu, lanjut Saparudin, seluruh Paslon sudah mengindentifikasi seluruh permasalahan yang ada mulai setelah mereka ditetapkan sebagai Paslon sampai memasuki tahapan kampanye saat ini dan juga seluruh potensi permaslahan yang mungkin terjadi, sampai berakhirnya masa kampanye sudah mereka ungkapkan.

"Dan masalah yang telah diungkapkan mereka ini sebenarnya, itu juga sudah diungkapkan dalam acara Rakor Stakeholders ini, jadi ada irisan yang sama, apa yang disampaikan seluruh Paslon itu juga diungkapkan oleh seluruh Stakeholder yang hadir dalam pertemuan ini dan selurub masalah sudah didapatkan solusinya," jelasnya.

Ditambahkannya, apabila permasalahan tersebut juga tidak bisa didapatkan solusinya maka ada sebuah rekomendasi yang telah diusulkan para peserta akan disampaikan kepada pihak terkait agar bisa dilaksanakan. "Saya kira penyelenggara akan melaksanakan terkait rekomendasi itu, kita berharap Pilkada Kobar 2017 ini akan melahirkan Pemimpin yang berkualitas dan akan menciptakan Pilkada yang aman, damai, tertib dan lancar," harapnya. 

Sementara itu, Kepala Bawaslu Kalimantan Tengah, Theopilus Y Anggen meminta kepada penyelenggara pemilu untuk lebih proaktif dalam melakukan pengawasan maupun menjalankan regulasi yang ditetapkan.

Ia juga berharap semua steakholder turut berperan memberikan pendidikan politik kepada masyarakat. Aktif melakukan pengawasan sekaligus membuat laporan kepada penyelenggara maupun pengawas pemilu jika menemukan adanya pelanggaran saat tahapan Pilkada berlangsung.

"Laporkan ke Panwaslu setempat, kalau ada pelanggaran akan kami tindaklanjuti," tandasnya.(FAHRUDDIN FITRIYA/N).

Berita Terbaru