Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bangka Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Kotawaringin Barat Minta Bantuan Pertanian Harus Diawasi

  • 01 Desember 2016 - 13:43 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kotawaringin Barat, Nurul Edy minta bantuan pertanian harus diawasi. Setiap tahun sektor pertanian di Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah, memperoleh bantuan melalui dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), APBD Provinsi maupun APBN. Bantuan tersebut perlu mendapat pengawasan. Selain itu, perlu evaluasi terhadap dampak pembangunan di Bumi Marunting Batu Aji.

"Hendaknya hal ini perlu dievaluasi kembali terutama oleh SKPD-SKPD, leading sector pemberi bantuan atau hibah tersebut agar dalam operasionalnya tepat sasaran. Kalau dibiarkan begitu saja setelah diserahkan, dikhawatirkan masalah perawatan serta biaya operasionalnya nanti terkendala bila tidak ada manajemen yang baik dari kelompok tani tersebut," kata Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kobar Nurul Edy, di Pangkalan Bun, Rabu (30/11/2016).

Ia mencontohkan, bantuan prasarana pertanian berupa hand traktor, disamping harus tepat sasaran juga hendaknya perlu pengawasan lebih baik lagi. Jika tidak mendapatkan perawatan yang intensif dari ahlinya, bukan tidak mungkin alat tersebut akan lebih cepat rusak.

Untuk mencegah hal tersebut sangat penting bagi dinas terkait dalam melakukan pengawasan agar dalam APBD kabupaten tidak selalu menganggarkannya. Pun demikian untuk penghematan biaya perawatan.

"Dalam pengoperasiannya juga perlu mendapat kontrol, jangan sampai disalahgunakan oleh oknum, misalnya disewakan ke anggota kelompok tani," tandasnya. (FAHRUDDIN FITRIYA/N).

Berita Terbaru