Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Karawang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kotawaringin Barat Dukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

  • 01 Desember 2016 - 20:45 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) terus melakukan sosialisasi program pemerintah pusat bertajuk Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

"Semua elemen dan steakholder di Kabupaten Kobar akan dilibatkan untuk menyukseskan program ini," beber Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kobar Nurul Edy, Kamis (1/12/2016).

Nurul Edy menjelaskan, tujuan Germas adalah menurunkan beban penyakit menular dan penyakit tidak menular, baik kematian maupun kecacatan, menghindarkan terjadinya produktivitas penduduk, serta menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit dan pengeluaran kesehatan.

"Kesehatan merupakan hak dasar manusia. Lebih baik mencegah daripada mengobati," ucapnya.

Selama ini, kata Nurul Edy, pemerintah pusat sudah menggelontorkan anggaran untuk bidang kesehatan. Dengan bantuan yang ada, pihaknya terus berupaya optimal.

"Kita semua berharap, pemerintah pusat terus meningkatkan alokasi anggaran di bidang kesehatan," pintanya.

Sementara itu Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kobar drg Dwi Ratna mengemukakan, Germas merupakan gerakan yang baru dicanangkan oleh pemerintah pusat. 

"Harapan kami, gerakan ini tidak hanya berhenti sampai disini, artinya berkelanjutan," ujarnya.

Lanjut Dwi Ratna, Kegiatan yang dilakukan melalui Germas di antaranya kampanye hidup sehat, pencegahan penyakit dan deteksi dini, konsumsi pangan sehat, lingkungan sehat, Aktifitas fisik.

Program ini, kata Dwi Ratna, butuh keterlibatan aktif secara terus menerus seluruh komponen yang terlibat baik sektor kesehatan pemerintah, non pemerintah dan masyarakat untuk terus bersama-sama membudayakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

"Pola dan gaya hidup semacam ini harus diaplikasikan di dalam rumah tangga maupun di lingkungan masyarakat," tandasnya.(FAHRUDDIN FITRIYA/m)

Berita Terbaru