Software Manajemen Relawan Pilkada 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Presiden-Wapres Jumatan di Monas Bersama Peserta Aksi

  • Oleh Budi Baskoro
  • 02 Desember 2016 - 13:51 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla ikut berbaur dengan peserta aksi damai 212. Kedua petinggi Negara itu, didampingi sejumlah menteri salat Jumat di Monas, lokasi aksi Bela Islam III, Jumat (2/12/2016). 

"Kami apresiasi atas kehadiran pak presiden di tengah-tengah kami," ucap salah satu panitia lewat pengeras suara, seperti dikutip dari Detikcom. 

Jokowi dan JK bersama sejumlah pejabat tinggi, tiba di Monas disambut seruan takbir oleh peserta aksi. Panitia acara juga menyampaikan apresiasi atas kehadiran Jokowi. Presiden dan Wapres, salat Jumat di bawah tenda di sisi barat Monas, beralaskan sajadah, di atas karpet merah. 

Di sisi kiri Jokowi, duduk takzim Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, di sebelah kanan Presiden, ada Jusuf Kalla, yang kompak berbaju putih, seperti Jokowi dan para menteri. Di sisi kanan JK, terlihat Menko Polhukam Wiranto. Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo di baris belakang Jokowi, berpakaian dinas lengkap, berkopiah putih. 

Jokowi-JK dan rombongan dilaporkan sempat dihadang hujan saat berjalan dari Istana menuju Monas, sebelum azan berkumandang. Di tengah hujan, keduanya memegang payung besar masing-masing. 

Para peserta aksi Bela Islam III sudah berkumpul di Monas sejak pagi. Mereka tak hanya datang dari kawasan Jabodetabek, tetapi sebagian dari luar daerah. 

"Kami ikut solider dengan perjuangan membela agama (Islam)... Allahu Akbar...," ungkap Sri, yang mengaku dari Bogor sejak pukul 07.00 WIB bersama sejumlah ibu-ibu lainnya.

Para peserta aksi terlihat mengaji, berzikir hingga tausiah. Kapolri Jenderal Tito Karnavian juga sempat hadir dan memberi sambutan.

Sejak Jumat pagi, lapangan Monas terlihat 'putih', dipenuhi para peserta, yang rata-rata berpakaian putih-putih. Massa yang tidak bisa masuk ke Monas juga menggelar sajadah hingga Jalan Medan Merdeka Timur, Jalan Medan Merdeka Barat, Bundaran Patung Kuda, dan Jalan MH Thamrin.

"Massa yang salat Jumat sudah sampai di sekitar Patung Tani," kata Ajeng, seorang karyawati swasta.

Presiden Joko Widodo bersyukur karena aksi berlangsung tertib, dan damai, tanpa gangguan berarti. (RO/*/N).

Berita Terbaru