Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pulau Taliabu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lukas Tingkes: Dewan Adat Dayak Barito Selatan Patut Menjadi Referensi

  • Oleh Uriutu
  • 02 Desember 2016 - 14:44 WIB

BORNEONEWS'Buntok: Dewan Adat Dayak Kalimantan Tengah menilai program kerja yang dilaksanakan oleh Dewan Adat Dayak Barito Selatan telah dijalankan dengan baik. 

Wakil ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kalteng, Lukas Tingkes mengatakan, selain melaksanakan sejumlah programnya, Ketua DAD Barsel, Lewy Bungken, bersama pengurus lainnya juga melakukan konsolidasi lembaga adat ini dari tingkat kecamatan hingga ke tingkat desa. 

'Hal ini patut diapresiasi dan patut menjadi referensi bagi kabupaten lainnya di wilayah Kalimantan Tengah ini, sebab pengurus di setiap kecamatan tingkat kecamatan sudah terbentuk semua,' kata Lukas Tingkas kepada Borneonews dihari kedua kegiatan Musda. Jum'at (2/12/2016). 

Sedangkan untuk pengurus yang berada di tingkat desa lanjut dia, hampir 90 persen lebih telah terbentuk dan hanya ada beberapa desa saja yang belum terbentuk kepengurusannya. 

Ia berharap kepada kepengurusan yang baru periode periode 2016-2021 mendatang dapat terus melanjutkan program pengurus sebelumnya serta menjalankan program yang akan dirumuskan dalam kegiatan ini. 

'Karena, tugas dari lembaga ini diantaranya menjaga, memelihara dan mengembangkan adat istiadat,' ucap dia. 

Dengan demikian lanjutnya, maka akan menjadikan adat istiadat bermanfaat dan selain itu juga bisa memberikan kontribusi bagi kesejahteraan ekonomi  masyarakat.

Di tempat yang sama ketua DAD Barsel periode 2011-2016, Lewy Bungken mengatakan, kegiatan Musda II yang dilaksanakan selama tiga hari yakni dari tanggal 1 hingga 3 Desember 2016. 

'Adapun agenda dalam Musda ini diantaranya penyampaian laporan pertanggungjawaban pengurus lama, menyusun program kerja yang baru, termasuk pemilihan ketua dan pengurus DAD Barsel masa bakti 2016-2021,' ucapnya. 

Sebelumnya acara Musda II DAD Barsel yang berlangsung di Gedung Pertemuan Umum Jaro Pirarahan dibuka oleh Sekda barsel, Edi Kristianto dan dihadiri ketua DPRD Barsel, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, pengurus DAD enam kecamatan dan desa se Barsel. (Uriutu Djaper/*).

Berita Terbaru