Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pilkades Ulangan Desa Nanuah Dimenangkan Penggugat

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 03 Desember 2016 - 09:00 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Ulangan untuk Desa Nanuah, Kecamatan Menthobi Raya, Kabupaten Lamandau ,telah digelar pada Kamis (1/12/2016). Hasilnya, Calon Kades nomor urut dua yakni Yakobus Aloy, dinyatakan keluar sebagai peraih suara terbanyak.

Dalam Pilkades ulangan yang berlangsung di Balai Desa Nanuah tersebut, Yakobus Aloy meraih suara terbanyak dalam penghitungan suara akhir, dirinya dinyatakan mampu meraup sebanyak 104 suara sah. Sedangkan peraih suara terbanyak ke dua diperoleh calon Kades nomor urut 4 atas nama Iyandi dengan 70 suara. Untuk urutan ke tiga dan ke empat masing-masih ditempati oleh Calon Kades nomor urut 1 atas nama Duansyah dengan 25 suara, serta Calon Kades nomor urut 3 atas nama Jaja Soraya dengan raihan suara sebanyak 4 suara sah.

Dengan kemenangan Yakobus Aloy ini, sekaligus mengubah hasil dari Pilkades Serentak kabupaten Lamandau pada 1 Oktober 2016. Kala itu Calon Kades atas nama Lyandi keluar sebagai pemenangnya. Namun berdasarkan gugatan yang dilayangkan Yakobus Aloy atas tudingan money politic, penanggung jawab Pilkades yakni Bupati Lamandau Marukan, akhirnya mengabulkan permohonan penggugat dan memutuskan agar Pilkades Desa Nanuah dilakukan Pemungutan Suara Ulang.

Sementara itu Camat Menthobi Raya Riko Purwanto, saat dikonfirmasi Jumat (2/12/2016) memastikan bahwa baik sebelum maupun setelah pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang Pilkades, kondisi keamanan Desa Nanuah dipastikan kondusif. Meskipun, kata dia, sejak beberapa hari sebelum digelarnya pemungutan ulang, ada terjadi riak-riak kecil semacam intimidasi dan semacamnya. Namun hal tersebut masih dalam taraf wajar dan masih dalam batas dinamika politik.

"Namun, pasca dilaksanakannya Pemungutan Suara Ulang, tentu kami (Pihak kecamatan dibantu aparat kemanan) terus melakukan monitoring. Hingga dapat dipastikan bahwa suasana sampai saat ini sangat kondusif dan tidak ada gangguan apapun," katanya.  (HENDI NURFALAH/m)

Berita Terbaru