Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Majene Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Orang Tua Siswa di Kasongan Pertanyakan Pembagian Seragam Gratis

  • Oleh Abdul Gofur
  • 03 Desember 2016 - 09:40 WIB

BRNEONEWS, Kasongan - Sejumlah orang tua siswa sekolah di Kasongan Kabupaten Katingan menanyakan pembagian seragam sekolah gratis oleh pemerintah daerah untuk tahun 2016 ini. Tahun anggaran 2016 ini tidak tinggal menghitung hari lagi akan segera habis berganti tahun 2017.

"Kata sih semua siswa mulai tingkat SD, SMP dan SMA yang baru masuk tahun ini akan mendapatkan bantuan seragam gratis dari pemerintah daerah, tapi sampai bulan Desember ini belum ada pembagian itu," sebut Rani, orang tua siswa di Kasongan, Jumat (2/12/2016).

Rani mengaku anaknya itu menempuh pendidikan di SD Negeri 4 Kelurahan Kasongan Lama Kecamatan Katingan Hilir. Sampai saat ini, kata Rani informasinya semua murid di SD tersebut dan juga sekolah lain, terutama siswa yang baru masuk sekolah belum menerima bantuan seragam sekolah tersebut.

Sebelumnya Pemerintah Daerah Kabupaten Katingan melalui Dinas Pendidikan sejak dua tahun lalu mulai 2014 dan 2015 setiap tahun ajaran baru selalu menganggarkan dana bantuan pengadaan seragam sekolah ini.

Namun untuk tahun 2016 ini hingga awal Desember seragam sekolah itu belum juga dibagikan kepada siswa penerima.

Saat dikonfirmasi masalah ini, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Katingan, Hartoni mengakui jika untuk tahun ini bantuan seragam sekolah bagi siswa tingkat SD, SMP dan SMA se Kabupaten Katingan itu masih tetap ada. Namun penyalurannya masih belum dilakukan.

"Kalau barangnya sudah siap, tinggal proses penalurannya saja," kata Kepala Dinas Pendidikan Katingan, Hartoni.

Hartoni mengaku bantuan seragam gratis ini bakal dibagikan kepada para siswa melalui pihak sekolah masing-masing pada bulan Desember 2016 ini juga.

Selain seragam merah putih, pemerintah daerah juga memberikan bantuan seragam pramuka dan juga pakaian olahraga kepada para siswa itu. "Jadi penerimanya adalah siswa yang baru masuk pada tahun ajaran baru, misalnya untuk SD siswa penerimanya kelas 1, begitu juga untuk siswa SMP dan SMA," katanya.

Hartoni mengaku pemberian seragam gratis itu dilakukan oleh pemerintah daerah untuk mengurangi beban para orang tua siswa pada saat tahun ajaran baru. Sebab biasanya biaya yang cukup lumayan dikeluarkan orang tua siswa ini adalah seragam sekolah. (ABDUL GOFUR/m)

Berita Terbaru