Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kotawaringin Barat Sudah Tanam 12,3 Juta Pohon Sejak 2010

  • Oleh Koko Sulistyo
  • 02 Desember 2016 - 17:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Sejak dicanangkan Gerakan Penanaman Semiliar Pohon oleh Presiden Republik Indonesia pada 2010, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah,  sudah menanam lebih dari 12,3 juta pohon endemik Kalimantan dan pohon rakyat seperti jabon dan sengon. Aksi ini untuk menambah tutupan lahan, dan hutan, agar keseimbangan, dan kelestarian lingkungan terjaga.

" Dua belas juta lebih pohon yang ditanam tersebut kita lakukan sejak 2010," kata Kepala Dinas Kehutanan ( Dishut) Kobar, Molta Dena saat melakukan penanaman seribu pohon dalam Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional, di Desa Natai Baru, Kecamatan Arut Selatan,  Jumat (2/12/2016).

Ia menjelaskan, kegiatan penanaman jutaan pohon tersebut bertujuan untuk menambah tutupan lahan dan hutan guna terjaganya keseimbangan alam dan kelestarian lingkungan hidup serta penyediaan bahan baku industri pengolahan kayu, pangan dan energi.

Kegiatan penanaman pohon hingga mencapai jumlah jutaan batang tersebut bukan saja dilakukan oleh Dishut Kobar tetapi juga melibatkan pihak perusahaan HTI, Dinas dan Instansi, TNI-Polri, Lembaga Pendidikan, LSM dan Kader Lingkungan.

"Untuk tahun ini penanaman sudah kita mulai sejak Februari hingga Januari 2017 mendatang dengan melibatkan berbagai pihak," terang Molta.

Berbagai jenis pohon baik endemik Kalimantan ataupun jenis industri seperti Jabon dan Sengon di tanam di beberapa titik seperti penanaman 12 ribu batang Mangrove di Desa Keraya, Teluk Bogam serta Sungai Bakau, penanaman turus di Jalan Poros Pangkalan Bun-Sampit hingga Jalan Desa Pasir Panjang sebanyak 2.830, penanaman sempadan Pantai Keraya 640 batang dan penanaman hutan kota 3200 batang dan kegiatan pembagian bibit tanaman kepada masyarakat dibeberapa desa.

"Kita juga membuatkan kebun bibit rakyat di Desa Batu Belaman dan Keraya dengan pohon yang kita tanam sebanyak 50 ribu batang," tutup Molta Dena.

Dengan komitmen dan konsistensi Pemerinta Kabupaten Kotawaringin Barat yang terus melakukan penanaman pohon maka Kotawaringin Barat mendapatkan juara pertama lomba penanaman 1 miliar pohon tingkat Provinsi Kalimantan Tengah secara berturut-turut.

"Sejak 2011 hingga 2015 kita berturut-turut menyabet juara satu lomba penanaman pohon tingkat provinsi," ungkap Molta.

Kegiatan penanaman pohon bersama dalam rangka Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional, Di Desa Natai Baru di hadiri oleh Plt.Bupati Kotawaringin Barat, Kapolres Kobar, Dandim 1014/Pbn, Camat Arut Selatan serta seluruh kepala Badan di lingkup pemerintah Kabupaten Kobar. (KOKO SULISTYO/N).

Berita Terbaru