Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ngawi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gubernur Beri Perhatian Khusus ke Lansia

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 03 Desember 2016 - 09:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Sebanyak 250 orang lanjut usia (Lansia) senam bersama di halaman rumah jabatan (Rujab) Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), Jumat (02/12/2016). Kegiatan yang merupakan rangkaian kegiatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) ini pun mendapat perhatian Gubernur Kalteng Sugianto Sabran. Ia ikut membaur bersama mereka untuk senam bersama.

Tidak hanya lansia, sejumlah pegawai satuan kerja perangkat daerah (SKPD) plus beberapa kepala SKPD ikut bergabung dalam senam bersama. Gubernur yang dalam kesempatan tersebut memberi perhatian khusus kepada para lansia. Ia menekankan agar setiap SKPD membuat jadwal kegiatan serupa secara berkesinambungan dan dilakukan teratur.

Gubernur yang selalu hormat dan santun kepada orang tua bahkan tidak pernah lepas dari perilakunya yang selalu mencium tangan orang tua yang ditemuinya ini, membagikan derma kepada seluruh lansia yang hadir di halaman Istana Isen Mulang (IIM) tersebut. 

'Saya minta mereka diperhatikan oleh dinas, mereka orang tua kita,' pesan Gubernur Sugianto kepada jajaran kepala dinas yang hadir terutama Kepala Bappeda Herson B Aden selaku Ketua komisi daerah (Komda) Lansia Kalteng.

Sementara Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kalteng, Guntur Talajan selaku inisiator kegiatan HKSN di Kalteng ini menekankan, kegiatan senam lansia tersebut merupakan bagian dari acara HKSN. Kalteng sebagai tuan rumah puncak peringatan secara nasional.

'Selain senam bersama, gubernur dan Komda Lansia Provinsi dan Kadinsos dan kepala SKPD berbagi kasih dalam rangka kesetiakawanan sosial khusus untuk orang tua. Kita berikan bantuan khusus berupa uang tunai kepada semua lansia 250 orang yang hadir tadi, pemberian sembako dan pemberian doorprice,' terangnya kepada Borneonews ditemui usai kegiatan.

Mengenai permintaan agar dilakukan periodik, ia setuju dengan gubernur. Selepas peringatan HKSN, kegiatan senam lansia akan berlanjut nanti bahkan menurut Guntur, akan ada senam lansia yang akan dilakukan per-SKPD dalam setiap minggunya.

'Nanti teknisnya, kita undang yang tua-tua dan pensiunan pegawai negeri, termasuk yang tergabung dalam PWRI, nanti bergiliran setiap SKPD yang ada. Kita gabung senam dengan sejumlah pegawainya.  Ini kita rangkai sebagai kegiatan sosial untuk menghormati dan membantu supaya mereka sehat,' tutur Guntur.

Pantauan Borneonews, kegiatan senam bersama Lansia yang dimulai sekitar pukul 06.00 WIB hingga pukul 08.00 WIB itu dirangkai pengobatan gratis dan minum susu untuk Lansia secara bersama-sama yang difasilitasi BPJS Kesehatan Palangka Raya. (ROZIKIN/m)

Berita Terbaru