Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Raja Ampat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotawaringin Timur Ajak Umat Kristiani Jaga Kebhinekaan

  • Oleh Rafiuddin
  • 04 Desember 2016 - 17:35 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur mengajak seluruh umat Kristiani untuk menjaga kekompakan, persatuan dan kesatuan serta kebhinekaan. Hal ini sebagai salah satu modal penting untuk mendukung program pembangunan di Bumi Habaring Hurung.

'Kerukunan antar dan sesama umat beragama dan situasi yang kondusif merupakan salah satu modal yang menentukan keberhasilan membangun bangsa dan negara, khususnya Kabupaten Kotim. Ini menjadi harapan kita semua sebagai bagian dari bangsa yang bersatu dalam kebhinekaan atau kemajemukan, termasuk kemajemukan dalam beragama,' kata Asisten III Setda Kotim, Kartina Purba pada acara Natal kerukunan keluarga warga Katingan di Sampit, Sabtu (3/12/2016) malam.

Menurut Kartina, sebagaimana halnya sejumlah peristiwa keagamaan lainnya. Natal sarat makna rohani dan keimanan. Dia percaya umat kristiani meyakini, natal merupakan perwujudan dari kemurahan dan rasa kasih sayang tuhan kepada umatnya.

Selain itu, Natal juga membawa kesederhanaan dan kesetiakawanan sosial yang akan selalu mengingatkan umat Kristiani pada sikap dan tindakan yang didasarkan atas kesadaran bahwa sebagai mahluk ciptaan tuhan, setiap manusia memiliki kesamaan derajat, serta hak dan kewajiban dalam mengabdi kepada tuhannya.

'Sebagai insan beragama, kita semua percaya bahwa kemajemukan tidak harus menempatkan kita dalam perbedaan yang menjurus pada egosentris masing-masing kelompok. Justru sebaliknya, kemajemukan harus menjadi modal dalam mewujudkan rasa kebersamaan untuk membangun Kabupaten Kotawaringin Timur ini lebih maju dan sejahtera,' katanya.

Kartina mengatakan, sebagai mahluk sosial yang selalu berinteraksi tidak hanya dengan tuhannya, tetapi juga sesama manusia untuk saling kenal mengenal, hormat-menghormati, dan saling tolong menolong. Yang kuat menolong yang lemah, yang kaya menolong yang miskin.

Oleh karena itu dia mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Kotawaringin Timur meningkatkan rasa kasih sayang dan kepedulian kepada sesama. Utamanya kepada mereka yang kurang beruntung dalam menanggung beban kehidupan ini.

'Sebagaimana visi Kabupaten Kotawaringin Timur terwujudnya masyarakat yang madani, dinamis, mandiri dan berdaya saing, dalam suasana religius, aman dan sejahtera,' kata Kartina.

Dia menambahkan, selain menjalankan agenda pembangunan, seperti peningkatan mutu pendidikan, peningkatan pelayanan kesehatan, pemantapan infrastruktur serta penguatan ekonomi. Pemerintah daerah selalu memperhatikan kegiatan keagamaan di Kotim, karena melalui pembinaan keagamaan, diharapkan dapat mencetak sumberdaya manusia yang berkualitas, beriman dan bertaqwa kepada tuhan yang maha esa untuk mewujudkan harapan Kotim yang maju. (RAFIUDIN/m) 

Berita Terbaru