Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Asmat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Tenglie Lantik Kades Karya Unggang dan Tewang Manyangen

  • Oleh Abdul Gofur
  • 06 Desember 2016 - 18:30 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Bupati Katingan, Ahmad Yantenglie melantik Kepala Desa Karya Unggang dan Kades Tewang Manyangen, Kecamatan Tewang Sanggang Garing (TSG), di Kasongan, Senin (5/12/2016). Orang nomor satu di Bumi Penyang Hinje Simpei ini lebih dulu melantik Kepala Desa (Kades) Karya Unggang atas nama Salam di desa setempat pukul 10.00 WIB. Sedangkan Kades Tewang Manyangen sore harinya.

"Meski pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) sebelumnua dilakukan serentak, namun tidak untuk proses pelantikannya. Pasalnya, pelantikan Kades dilakukan di tiap desa hasil pilkades serentak pertengahan 2016. Mari semua aparatur desa saling bahu membahu dalam membangun Desa Karya Unggang ini demi kemajuan desa," pesan Bupati Katingan, Ahmad Yantenglie dalam pidatonya saat melantik Kades Karya Unggang.

Bupati juga meminta kepada semua unsur terutama perangkat desa, mulai dari kepala desa, BPD hingga Rt agar kompak untuk membangun desa. "Misalnya APBD Des, ini harus diusulkan oleh BPD, kemudian dibahas bersama-sama dengan kepala desa dan perangkatnya, sebab kapasitas DBD ini sama seperti DPRD."

BPD, sebut Bupati Tenglie tidak bisa melaksanakan pekerjaan yang dikerjakan oleh kepala desa dan perangkatnya, termasuk apa yang dikerjakan oleh pengurus PKK dan organisasi di Pemerintahan Desa (Pemdes). "Mulai 2017 insentif kepala desa menjadi Rp3.900.000, naik 80 persen dari tahun 2016 ini, termasuk aparatur pemdes lainnya yang juga naik rata-rata 50 persen."

Dalam kesempatan ini, Bupati Tenglie juga berpesan kepada kepala desa jika ingin mengangkat perangkat desa agar lebih dulu membuat rekomendasi untuk selanjutnya diserahkan kepada camat untuk diteruskan kepada pihak BPMPD.

"Saya berharap kepada masyarakat bisa mengerti tugas dan tupoksi kepala desa dan BPD ini, dan kalau ada yang salah bisa saja diberikan saran dan pendapat, baik untuk kades beserta perangkatnya maupun kepada BPD," imbuh Bupati Tenglie.

Usai melantik Kades Karya Unggang, Bupati Ahmad Yantenglie sore harinya melantik Kades terpilih Tewang Manyangen. (ABDUL GOFUR/N).

Berita Terbaru