Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Seluruh Pilkades Ulangan di Lamandau Rampung Digelar

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 05 Desember 2016 - 16:31 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Panitia Pemilihan Kepala Desa (PanPilkades) Kabupaten Lamandau 2016 memastikan seluruh agenda pemungutan suara ulang untuk tiga desa sesuai keputusan Bupati Lamandau, telah rampung digelar. Rampungnya seluruh agenda pemungutan suara ulang pada Pilkades serentak gelombang I tersebut seiring pemungutan suara di tiga desa,  Nanuah, Kecamatan Menthobi Raya, Kamis (1/12/2016), Desa Hulu Jojabo kecamatan Delang, Sabtu (3/12/2016), serta Pemungutan Suara Ulang Pilkades Desa Tamiang, Kecamatan Bulik, Minggu (4/12/2016).

Dari penyelenggaraan pemungutan suara ulang tersebut didapat hasil, untuk Desa Hulu Jojabo Calon Kades dengan peraih suara terbanyak Calon Kades nomor urut 5 atas nama Malano, dengan raihan sebanyak 96 suara sah. Malano memastikan unggul jauh dari empat calon kades lainnya, termasuk calon kades atas nama Rusdianto yang pada pemungutan suara 1 Oktober 2016 menjadi pemenang dan pada akhirnya digugat atas tuduhan money politic.

Sementara, untuk Pilkades Desa Tamiang, kecamatan Bulik, peraih suara terbanyak didapat Calon Kades nomor urut 2 atas nama Darong, dengan raihan suara sebanyak 126. Darong berhasil mengungguli dua calon kades lainnya yakni Eldi dan Rejol Tri.

Atas hasil tersebut, Darong juga dinyatakan sah menggantikan posisi Calon Kades yang terpilih pada pemungutan suara 1 Oktober lalu atas nama Matius Hebat, yang meninggal dunia sebelum resmi dilantik menjadi Kades.

"Pemungutan suara Pilkades ulangan di tiga desa sudah kita laksanakan, hasilnyapun kini telah ada. Artinya kita tinggal fokus pada rencana pelaksanaan pelantikan," ungkap Triadi, PanPilkades tingkat Kabupaten Lamandau, Senin (5/11/2016).

Triadi yang juga merupakan Kepala Bagian Pemerintahan (Kabag Pem) Setda Lamandau tersebut juga menuturkan, untuk persiapan pelantikan 40 calon kades terpilih yang tersebar di seluruh (8) kecamatan, kini tengah dipersiapkan dengan menyesuaikan aturan yang berlaku.

Untuk itu, kata dia, sebagaimana aturan yang ada saat ini, seluruh calon kades terpilih pada gelaran Pilkades Serentak kabupaten  Lamandau gelombang I tahun 2016 tersebut dipastikan akan dilantik oleh Camat masing-masing kecamatan bertempat di kantor kecamatan masing-masing. Artinya, pelantikan kades tidak lagi dilantik langsung oleh Bupati.

"Hingga saat ini telah ada beberapa kecamatan yang telah konfirmasi dan menetapkan jadwal pelantikannya, seperti halnya kecamatan Batang Kawa dan kecamatan Lamandau yang mengagendakan pelaksanaan pelantikan kades-kadesnya pada 14 Desember 2016 mendatang," katanya.

Selain itu, untuk kecamatan Bulik dan kecamatan Belantikan Raya, pelantikan Kades terpilihnya diagendakan pada tanggal 15 Desember 2016. Sedangkan untuk kecamatan Bulik Timur akan dilaksanakan keesokan harinya, atau pada 16 Desember 2016.

"Adapun untuk pelantikan kades di tiga kecamatan lainnya (Menthobi Raya, Sematu Jaya dan Delang) belum terkonfirmasi," tukas Triadi. (HENDI NURFALAH/N).

Berita Terbaru