Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Serdang Bedagai Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

RSUD Lamandau Diminta Optimalkan Pelayanan Menuju BLUD 2017

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 06 Desember 2016 - 14:55 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - DPRD Lamandau meminta Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Lamandau terus meningkatkan dan mengoptimalkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Mulai 2017, satu-satunya rumah sakit di wilayah yang dipimpin Bupati Marukan itu, akan berubah nomenklatur menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

"Tuntutan yang nyata rumah sakit harus meningkatkan kualitas pelayanan menjadi pelayanan yang lebih optimal dan efektif, kemudian rumah sakit juga dituntut menerapkan sistem pengelolaan keuangan yang sehat, akuntabel dan transparan," kata anggota Komisi III DPRD Lamandau, Mulyadi kepada wartawan, usai melakukan pengawasan di RSUD Lamandau beserta sejumlah anggota DPRD lainnya, di Nanga Bulik, Senin (5/12/2016).

Mulyadi juga berharap, pihak RSUD Lamandau mulai saat ini harus benar-benar melakukan pembenahan di semua lini. Pasalnya, kata dia, tuntutan ketika menjadi BLUD akan sangat berat apabila rumah sakit tidak melakukan upaya yang sungguh-sungguh.

Menurut Mulyadi, RS ketika menjadi BLUD dituntut juga memiliki rencana stategis bisnis yang terukur dan jitu, tentu tanpa mengesampingkan kepuasan pelayanan kesehatan. Artinya, dituntut profesionalisme SDM.

"Mari kita bangun layanan kesehatan ini sama-sama, DPRD sudah serius, bahkan sebagai buktinya DPRD baru saja mengesahkan Perda BLUD, apalagi pihak eksekutif segera mengeluarkan Perbup," kata Mulyadi.

Hal senada diungkapkan Ningsih, anggota DPRD Lamandau dari fraksi PAN, juga menyoroti tentang infrastruktur RS sebagai fasilitas pelayanan yang tidak bisa dipisahkan. Menurutnya, selain tata kelola organisasi, rumah sakit juga diminta mematangkan rencana pembangunan infrastruktura ke depan.

"Harapannya agar fasilitas-fasilitas yang dibangun benar-benar tepat guna dan tidak mubazir," urainya. (HENDI NURFALAH/N).

Berita Terbaru