Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ponorogo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Paripurna Pengesahan Perda OPD Kapuas Molor Sampai 14 Desember

  • 06 Desember 2016 - 14:15 WIB

BORNEONEWS, Kapuas - Rencana paripurna penetapan Peraturan Daerah (Perda) Organisasi Perangkat Daerah (OPD) DPRD Kapuas molor. Pasalnya, rencana penetapan perda tersebut sesuai jadwal yang disepakati tuntas  6 Desember 2016. Tetapi, karena masih perlu pendalaman rapat paripurna diagendakan 14 Desember 2016.

"Kita masih melakukan pengkajian ke daerah lain yang sudah disahkan perda OPD. Nanti kembali dari sana baru kita paripurnakan, 14 desember mendatang," kata Ketua DPRD Kapuas, Algrin Gasan, Senin (5/12/2016).

Algrin menyebutkan, ,Nantinya Badan Legislasi (Baleg) DPRD Kapuas berangkat untuk melakukan pengkajian serta mekanisme terkait draft penyusunan raperda tersebut. Dari hasil itu nantiny6a akan dibahas dengan pihak eksekutif. "Kunjungan kerja ke daerah yang sudah ada perda OPD, Baleg melakukan kajian serta mekanisme draft perda tersebut."

Darwandie, Wakil Ketua Baleg DPRD Kapuas menyampaikan, pihaknya akan melakukan studi banding ke daerah yang sudah ditetapkan perda tersebut. Kalau memamg ada perbedaan dengan Kapuas tentu dilakukan pembahasan terkait perubahan terbuat misalnya Badan Ketahanan Pangan yang rencanakan akan dileburkan menjadi satu dengan pertanian.

"Memang ada beberapa SKPD, badan instansi yang akan dilebur, tetapi kita akan lakukan studi banding untuk melihat ada atau tidaknya perubahan nomenclatur,kalau beda ya akan disesuaikan," katanya.

Ia mengakui belum ditetapkannya OPD ini tidak berpengaruh pada pembahsan APBD murni 2017. Dengan waktu tersisa ini masih bisa dilakukan pembahasan. Menurut Darwandie, tidak ada masalah dan sesuai Peraturan Pemerintah no 18 2016 tidak ada aturan yang mengikat itu. Kalau di Kalteng, Kota Palangka Raya dan Kabupaten Katingan sudah memiliki perda dan kita bisa ke sana untuk studi Banding.

"Masih ada cukup waktu dalam hal pembentukan OPD dan pembahasan APBD murni 2017 dan kita harus konsisten dengan waktu sehingga semuanya bisa rampung dengan cepat," katanya. (DJEMMY NAPOLEON/N).

Berita Terbaru