Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Klaten Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KNPI Kalteng Open Race di Sirkuit Sabaru

  • Oleh Budi Yulianto
  • 06 Desember 2016 - 07:35 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kalimantan Tengah Open Race 1 2016. Adu balap motor ini bakal digeber di Sirkuit Sabaru, Palangka Raya selama dua hari berakhir Minggu (18/12/2016) nanti.

Ketua DPD KNPI Kalteng Fairid Naparin mengatakan, balapan khusus motor bebek dan matic ini digelar atas kerjasama dengan IMI Kalteng, bertajuk Kejuaraan Daerah (Kejurda) Motorprix Seri IV, Pengprov IMI Kalteng.

Hadiah utama yang diperebutkan adalah Piala Gubernur Kalteng, Piala Ketua KNPI Kalteng dan dua unit sepeda motor. Para pembalap tidak hanya dari Kalteng, tapi juga membuka untuk pembalap asal provinsi lain.

Menurut Fairid, kejuaraan race itu sebenarnya sudah jauh hari direncanakan dan masuk dalam daftar program kerja KNPI. Tujuannya untuk mencari bibit-bibit muda sekaligus memberikan wadah bagi pemuda yang suka balapan liar agar bisa menyalurkan hobinya.

"Harapan saya dengan terselenggaranya race ini, dapat memberikan peluang bagi pemuda untuk bersaing. Yang pasti juga memberikan wadah bagi para pembalap liar," ucap Fairid didampingi Ketua Panitia, Andhie, Sekretaris Panitia, Doni, Wakil Ketua Bidang Olahraga KNPI, Ahmad Syarif dan perwakilan IMI Kalteng Billi, Senin (5/12/2016).

Ahmad Syarif menambahkan, tujuan race tersebut untuk mengakomodir pemuda yang hobi balapan. Dia juga berharap, balapan tersebut akan terus berkelanjutan di tahun mendatang.

Ketua Panitia Andhie mengatakan, ada dua kategori pada ajang balap motor ini, yakni kelas kejurda dan kelas Supporting Race. Bagi yang berhasil menyabet juara umum masing-masing kelas, akan mendapatkan hadiah sepeda motor.

Balapan itu juga menggunakan tekhnik sistem otomatis. Sehingga, siapa pebalap yang paling cepat dapat diketahui dengan mudah tanpa ada kecurangan. "Akan dimulai pada pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai. Penonton dikenai tiket Rp25.000. Harga ini paling murah dibanding provinsi lain. Karena kita ingin menghibur masyarakat," ungkap Andhie.

Pembukaan pendaftaran akan dimulai pada Selasa (6/12/2016) sampai 16 Desember di KNPI Kalteng, Jalan Tjilik Riwut Km 1,5.

Andhie menambahkan, persiapan menghadapi kejuaraan race ini sudah mencapai 90 persen. Mengenai sirkuit, dia memastikan tidak perlu diragukan lagi. Bahkan, sirkuit sepanjang 1,3 km dengan lebar delapan meter itu disebut Ketua KNPI Kalteng paling baik di antara sirkuit yang dimiliki provinsi lain se Kalimantan. Hal ini berdasarkan penuturan para pebalap yang pernah mengikuti kejuaraan tersebut.

Sementara itu Billi mengatakan, balapan ini masuk dalam kalender IMI Kalteng. Awalnya dijadwalkan berlangsung di Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat.

"Namun karena masih Pilkada, akhirnya temen-temen DPD KNPI mengambil alih kegiatan tersebut," ucapnya.

Beikut kelas untuk Kejurda. Kelas Bebek S/D 150 cc 4 Langkah Tune Up Mix Open - MP 1. Kelas Bebek S/D 125 cc 4 Langkah Tune Up Mix Open - MP 2. Kelas Bebek 110 cc 4 Langkah Tune Up Pemula Open - MP 3. Kelas Bebek 125 cc 4 Langkah Tune Up Pemula Open - MP 4.

Kemudian untuk Supporting Race ada enam kelas. Di antaranya, Kelas Bebek 110 cc 4 Langkah Tune Up Pemula Kalteng. Kelas Bebek 110 cc 4 Langkah Standart Pemula Open. Kelas Bebek S/D 150 cc 4 Langkah Standart Open. Kelas Bebek 110 cc 2 Langkah Standart Open. Kelas Matic 115 cc Standart Showroom Pemula Open dan Kelas Matic S/D 150 cc Tune Up Open. Juga spesial tambahan untuk kelas Exebition Reunion Pembalap, atau penampilan dari para pembalap senior. (BUDI YULIANTO/m)

Berita Terbaru