Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ponorogo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

'Surakarta, Surga Bagi Lidah

  • Oleh Roni Sahala
  • 08 Desember 2016 - 09:00 WIB

BORNEONEWS, Surakarta - Solo, selain menawarkan eksotisme budaya dan sejarah, kota ini juga memiliki tempat yang menjadi surga bagi lidah. Tak salah jika kota yang berada di Jawa Tengah ini, menjadi salah satu tujuan wajib wisata kuliner.

Sate Kambing Bu Bedjo di Jalan Sungai Sebakung No 10, Kedung Lembu, Pasar Kliwon, Kota Surakarta, wajib menempati list pertama untuk disinggahi. Sebab tempat ini merupakan tempat makan favorit keluarga Presiden Republik Indonesia Joko Widodo atau Jokowi.

Kata Sadrah, yang ditunjuk Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Surakarta menjadi pemandu wisata blogger dan wartawan, dalam rangkaian Solo Media Famtrip, Jokowi masih sering makan di tempat ini. 'Kalau sedang di Solo, beliau (Jokowi) pasti ke sini,' tuturnya.

Adapun menu yang menjadi andalan di tempat ini sejak berdiri sekitar 45 tahun lalu yakni Sate Buntel. Sate khas Solo ini memiliki kekhasan rasa dan bentuk, serta mengandung cerita sejarah.

Tutur Sadrah, dulu rakyat jelata di bawah Kasunanan Surakarta Hadingrat, biasa mengambil daging yang tertinggal di tulang kambing sisa keratin. Daging yang terkumpul kemudian dibungkus kulit dan diberi bumbu. Setelah itu baru dipanggang, kemudian dihidangkan dengan saos dari campuran kecap, cabe, bawang merah dan tomat.

Untuk merasakan sensasinya, cukup dengan mengeluarkan kocek Rp37.000 untuk satu porsi sate buntel. Asyiknya lagi, saat menyantap sate ini, telinga pengunjung Sate Kambing Bu Bedjo akan dimanjakan lantunan legam jawa yang dibawakan seniman setempat.

Tempat wisata kuliner wajib lainnya yakni Wedangan Pendopo di Jalan Srigading I No 7, Turisari, Mangkubumen, Banjarsari, Solo. Di sini menjadi salah satu rekomendasi lokasi untuk menikmati suasa malam Kota Solo yang cukup dingin.

Beragam makanan tersedia di sini layaknya warung wedangan Solo umumnya. Ada tempe goreng, bakwan goreng, bakmi, jadah dan wajik, serta berbagai jenis sate jeroan.

Sementara untuk hidangan nasinya tidak dibungkus, melainkan diracik sesuai pemesanan. Minuman yang disediakan juga tradisional Jawa seperti jahe, wedang uwuh, kunir asem dan lainnya.

Selain menjual makanan menu Wedangan Solo, Wedangan Pendopo, juga menyediakan berbagai makanan dan minuman yang populer di era 90-an. Mulai coklat, hingga minuman temulawak yang banyak dikonsumsi pada era tersebut.

Konsep angkringan ini dibuat bergaya klasik dengan kursi mayoritas dari kayu jati dan alunan gending Jawa. Beberapa benda tua dan unik juga didapati di sini seperti radio tua, alat bajak sawah, dan lain-lain.

Tengkleng Yu Tentrem di Jalan Ngadisono RT 4 RW XIV Kadipiro, Banjarsari, Solo juga wajib untuk dirasakan. Masakan berbahan dasar daging kambing yang direbus dengan nanas, cabe, dan beberapa rempah ini memiliki rasa luar biasa. Meski memakai banyak cabe namun rasanya tidak pedas. Namun hal yang luarbiasa, Tengkleng membuat tubuh terasa hangat dan juga dipercaya menambah keperkasaan pria.

Tempat makan yang berada di area perumahan warga ini hanya buka pada siang hari. Tengkleng di sini selalu habis cepat. Jika Anda beruntung, Anda masih bisa mencicipi kenikmatan rasanya. (RONI SAHALA/m)

Berita Terbaru