Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Batanghari Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemilihan Ketua Dewan Adat Dayak Barsel Diulang Enam Bulan Mendatang

  • Oleh Uriutu
  • 06 Desember 2016 - 12:15 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Musyawarah Daerah II Dewan Adat Dayak (Musda DAD) Kabupaten Barito Selatan, di GPU Jaro Pirarahan Buntok, 1-3 Desember 2016,  yang salah satu agendanya memilih ketua masa bakti 2016 ' 2021, terpaksa harus diulang enam bulan ke depan. Pasalnya, saat penjaringan oleh tim formatur muncul sejumlah nama calon ketua, namun tidak sesuai kriteria Tatib Musda II serta AD/ART DAD Barito Selatan. 

Selain itu ada juga di antara calon yang menyatakan mengundurkan diri dari pencalonan karena sesuatu dan lain hal. Karena terjadi kebuntuan terkait pencalonan ketua, maka hampir semua peserta Musda, sepakat agenda pemilihan ketua DAD Barito Selatan 2016-2021 diulang dalam Musda lanjutan enam bulan kedepan. 

'Hasil Musda II Barito Selatan ini tetap akan kita bawa ke DAD Kalteng untuk ditindaklanjuti. Tunggu sekitar seminggu lagi, kita akan rapatkan dulu di DAD provinsi,' kata Ketua Harian DAD Kalimantan Tengah, Lukas Tingkes kepada Borneonews, kemarin. 

Agar DAD Barsel tidak sampai terjadi kekosongan pemimpin, menurut Lukas Tingkes, yang hadir saat Musda itu, harus ada semacam pelaksana tugas (Plt) DAD Barito Selatan. 

Dari beberapa peserta berhembus kabar, ketua demisioner Lewy Bungken digadang-gadang kembali untuk menjadi Plt hingga enam bulan ke depan. 

'Tunggu saja, yang pasti aspirasi yang berkembang di arena Musda II DAD Barsel ini akan kita tampung semua untuk dibahas di propinsi, termasuk terkait Plt DAD Barsel,' jelas Lukas Tingkes. 

Sementara itu, sebelumnya pimpinan sidang Musda II DAD Barsel, Andrie Elia Embang menyatakan, Musda II DAD Barsel bukan batal, gagal atau deadlock melainkan ditunda. Pasalnya sebut dosen Unpar tersebut, yang lainnya seperti program kerja dan sebagainya sah dan disepakati.

'Hanya saja untuk pemilihan ketua ditunda. Apapun hasil Musda ketetapannya tetap dibawa ke provinsi, yaitu minta pemilihan ketua DAD Barsel 2016 -2021 diulang enam bulan ke depan,' ucap dia. (Uriutu Djaper/N).

'

Berita Terbaru