Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

11 Individu Orangutan Dilepasliarkan di Taman Nasional Bukit Raya Bukit Baka Katingan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 07 Desember 2016 - 09:55 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Sebanyak 11 individu orangutan yang selama ini disekolahkan di Yayasan BOS Nyaru Menteng Tangkiling Palangkaraya dilepasliarkan di hutan Taman Nasional Bukit Raya Bukit Baka, Kabupaten Katingan.

Acara simbolis pelepasliaran ke 11 individu orangutan ini dilakukan di Kebun Raya Katingan usai pelaksanaan peresmian kebun raya tersebut, Selasa (6/12/2016) siang 

Dalam kesempatan ini CEO Borneo Orangutan Survival (BOS) Foundation Martin Sihite mengatakan jika pelepasliaran 11 orangutan di Kabupaten Katingan kali ini adalah tahap yang ketiga kalinya. 

"Pelepasliaran 11 individu orangutan saat ini adalah tahap tiga, dan sampai sekarang jumlah individu orang utan yang dilepasliarkan di Taman Nasional Bukit Raya Bukit Baka Katingan ini berjumlah 30 individu," sebut Martin Sihite.

Menurutnya, saat ini jumlah individu orangutan yang masih sekolah di Yayasan BOS Nyaru Menteng Tangkiling Kota Palangkaraya masih sekitar 450 individu.

Selain di Katingan, orangutan ini nantinya juga bakal dilepas di hutan yang ada di Kalimantan Tengah seperti di Kabupaten Murung Raya.

"Untuk di Katingan ini rencananya akan ada pelepasliaran lagi, yaitu awal tahun 2017," katanya.

Martin Sihite menambahkan jika di areal Bukit Raya Bukit Baka Kabupaten Katingan itu, nantinya bakal bisa menampung sebanyak sekitar 250-san individu orangutan itu.

Bupati Ahmad Yantenglie menyambut baik adanya pelepasliaran orang utan di daerahnya. Menurutnya pada pelepasliaran tahap pertama dan kedua beberapa waktu lalu, berdasarkan laporan pihak BOS sejauh ini orangutan yang dilepasliarkan dalam kondisi baik.

"Artinya orang utan yang dilepas itu sudah mampu mencari makanannya sendiri di hutan bebas," katanya.

Bupati berharap selain di Taman Nasional Bukit Raya Bukit Baka, Katingan, juga memiliki Taman Nasional Sebangau yang berada di wilayah Selatan. (ABDUL GOFUR/m)

Berita Terbaru