Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Surabaya Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Budidaya Ikan Air Tawar Dongkrak Taraf Hidup Masyarakat Kapuas

  • 08 Desember 2016 - 07:30 WIB

BORNEONEWS, Kapuas - Usaha budidaya ikan air tawar mendongkrak perekonomian masyarakat, terutama di kawasan minopolitan Desa Basarang, Kecamatan Basaran, Kapuas.

"Awalnya hanya satu kelompok tani yang datang untuk meminta pembinaan pengembangbiakan budaya ikan air tawar. Kami memberikan stimulan serta petunjuk teknis, dan mereka mau mengikuti saran tersebut," kata Kabid Budidaya Perikanan, Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Kapuas  Arjoni  Rabu (7/12/2016).

Sekarang ini taraf hidup masyarakat sudah mulai meningkat. Dari hanya satu kolam sekarang ada yang memiliki lebih. Bahkan sampai memiliki pabrik pakan untuk makanan ikan tambak.

"Kita selalu support para kelompok tani dengan bantuan bibit ikan, baik itu patin, nila, dan sekarang budidaya lele mulai di minati warga," ungkapnya.

Dia mengakui kendala yang dihadapi di lapangan ketika terjadi perubahan cuaca. Saat seperti ini produksi ikan menurun karena tingkat keasaman air akan tinggi dan sirkulasi air pun menjadi permasalahan.

"Kalau sudah musim iklim ekstrem, kami sarankan kepada kelompok tani agar jangan menebar bibit ikan, sebab dampaknya akan mengakibatkan kerugian dan berpengaruh pada hasil panen. Ikan akan mati dan jika hidup pun perkembangan ikan tidak mencapai satu kilogram," imbuh Arjoni.

Arjoni menambahkan, hingga saat ini pihak Dinas Perikanan dan Kelautan tidak saja membina warga kelompok tani di agro minapolitan, tetapi tersebar di bebarapa kecamatan, seperti Selat, Kapuas Hilir, Kapuas Barat, Bataguh, Kapuas Murung, dan Lupak.

"Daerah ini juga sangat potensial dalam pengembangan sentra-sentra perikanan yang nantinya mengangkat taraf hidup ekonomi masyarakat kita lebih baik dan tidak lagi ketergantungan dengan bantuan pemeritah, tetapi mereka sudah mandiri dengan penghasilan dari budidaya ikan tambak." tuturnya. (DJEMMY NAPOLEON/m)

Berita Terbaru