Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dishubkominfo Kotawaringin Timur Tingkatkan Pengawasan Angkutan Umum Jelang Natal

  • Oleh Rafiuddin
  • 07 Desember 2016 - 20:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishukominfo) Kabupaten Kotawaringin Timur meningkatkan pengawasan terhadap armada angkutan umum jelang perayaan Natal maupun Tahun Baru. Baik itu angkutan darat maupun sungai.

'Setai jelang hari besar keagamaan pengamanan kami tingkatkan. Ini untuk mengantisipasi meningkatnya mobilitas kendaraan serta antisipasi kecelakaan lalulintas,' kata Kepala Bidang Transportasi Darat dan Udara pada Dishubkominfo Kotim, Cok Orda Putra Lebawa, Rabu (7/12/2016).

Menjelang peringatan hari besar, seperti Natal dan Tahun Baru, keramaian lalu lintas akan meningkat dibanding hari biasa. Berpotensi menyebabkan kemacetan dan bertambahnya angka kecelakaan lalu lintas.

Mengantisipasi hal tersebut Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kabupaten Kotawaringin Timur melakukan persiapan dengan memastikan keamanan angkutan umum.

Kegiatan yang dilakukan dalam rangka memastikan keamanan angkutan umum jelang Natal ini antara lain uji kelaikan kendaraan, cek kesehatan dan tes urine untuk para supir kendaraan untuk memastikan tidak ada supir yang menggunakan obat-obatan terlarang. Apabila seorang supir berada di bawah pengaruh obat-obatan ketika sedang menjalankan tugasnya tentu resiko terjadi kecelakaan akan bertambah.

'Kegiatan tersebut biasanya difokuskan di terminal bus dan travel,' katanya.

Selain itu, Dishubkominfo juga akan menyiapkan posko, tapi jumlah posko dan lokasi didirikannya masih belum ditentukan karena belum ada rapat lanjutan membahas persiapan menjelang natal tahun ini.

'Karena belum ada rapat lanjutan, jadi kami belum bisa menginformasikan kapan dan titik mana saja yang akan jadi fokus pengamanan. Tapi kalau melihat dari tahun lalu, pengamanan dimulai tujuh hari sebelum dan tujuh hari setelah Natal. Kemungkinan tahun ini juga akan sama,' ujarnya.

Coki memprediksi, kemungkinan tingkat lalu lintas menjelang Natal tahun ini tidak akan seramai tahun lalu. Contohnya bisa dilihat pada Hari idul fitri beberapa bulan lalu, jumlah pemudik yang ke luar pulau lebih sedikit dibanding tahun sebelumnya dan kebanyakan pemudik melalui jalur darat dengan rute Sampit-Pangkalan Bun.

Hal itu disebabkan perekonomian Kotawaringin Timur tahun ini cenderung melambat dan adanya PHK (pemutusan hubungan kerja) besar-besaran di perusahaan sawit yang akhirnya berdampak ke semua lini. (RAFIUDIN/m)

Berita Terbaru