Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kutai Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Stabilkan Harga Karet Demi Kesejahteraan Masyarakat

  • Oleh Koko Sulistyo
  • 07 Desember 2016 - 20:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Fluktuatifnya harga jual komoditas perkebunan karet mendapat perhatian khusus dari calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Kotawaringin Barat Hj.Nurhidayah dan Ahmadi Riansyah.

Menurutnya, ketidakstabilan harga komoditas karet akan mempengaruhi kesejahteraan masyakarat yang berimplikasi pada kehidupan sosial ekonomi masyarakat.

Desa Sei Bengkoang, Kecamatan Pangkalan Banteng, Kabupaten Kotawaringin Barat, adalah satu desa yang merasakan bagaimana kehidupan sosial ekonomi mereka terdampak dengan semakin merosotnya harga karet. Sebagai desa penghasil karet seharusnya warga Desa Sei Bengkoang dapat sejahtera.

"Ke depannya nanti untuk kesejahteraan warga di sektor perkebunan karet, maka akan kita upayakan agar harga karet dapat stabil dan menjadi salah satu komoditas yang dapat diandalkan di Sei Bengkoang," kata calon bupati Kabupaten Kotawaringin Barat Nurhidayah dalam kampanye terbatas dan tatap muka dengan warga Sei Bengkoang, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat, Rabu (7/13/2016).

Di hadapan sekitar 800 warga desa yang memadati lapangan Desa Sei Bengkoang, Nurhidayah juga menegaskan bahwa hasil produksi perkebunan akan benar-benar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat apabila diimbangi peningkatan infrastruktur jalan usaha pertanian yang saat ini kondisinya belum baik.

"Dengan sinergitas antara pemerintah pusat, provinsi dan pemerintah daerah dan koalisi besar yang mengusung pasangan Nurani, maka hal itu akan dapat direalisasikan dengan cepat," tegas Nurhidayah.

Sementara itu persoalan klaim lahan yang juga membelit warga transmigrasi ini juga mendapat perhatian serius dari calon orang nomor dua di Kotawaringin Barat. Menurutnya, lahan LU1dan LU2 merupakan hak mutlak warga transmigrasi. Untuk itu nanti pasangan Nurani akan menjamin keamanan dan menjaga hak-hak warga transmigrasi yang ada di Kabupaten Kotawaringin Barat.

"Secara konstitusi lahan LU1 dan LU2 adalah mutlak dan harga mati milik warga transmigrasi saya akan melindungi hak-hak warga trans atas lahan serta menjamin keamanan warga transmigrasi agar merasa  aman, tenang dan nyaman bekerja di Kobar," tegas Ahmadi. 

Sementara Koordinator Pemenangan Pasangan Nurani, H. Ruslan dalam kesempatan itu juga menyampaikan ucapan selamat hari Natal kepada warga desa yang merayakannya. (KOKO SULISTYO/m)

Berita Terbaru