Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Rejang Lebong Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pasokan Air Bersih Warga Seruyan Lancar Saat Musim Hujan

  • Oleh Parnen
  • 08 Desember 2016 - 15:51 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Pasokan air bagi warga Kabupaten Seruyan, tidak terkecuali yang berdiam di Kecamatan Seruyan Hilir, lancar selama musim hujan. Mereka tak lagi mengeluhkan sulitnya memperoleh pasokan air bersih untuk keperluan sehari-hari. Jika musim kemarau banyak warga yang mengalami krisis air bersih, terutama dari kalangan pelaku rumah tangga.

'Untuk perolehan pasokan air bersih saat ini sangat mudah didapatkan. Karena keberadaan sumur bor hampir seluruh yang dimiliki warga nonpelanggan PDAM tidak mengalami masalah sumber air. Berbeda kalau saat musim kemarau, banyak sumur bor warga mengalami kekeringan,' kata Johansyah, warga Desa Persil Raya, Kuala Pembuang, Kamis (8/12/2016).

Begitu juga dengan warga desa lainnya, seperti Muryanto, warga Desa Jahitan Kecamatan Seruyan Hilir yang mengaku, wilayah pedesaannya masih aman dan lancar untuk memperoleh pasokan air bersih di wilayah pemukimannnya. Desanya sekarang hampir tiap hari diguyur hujan, sehingga debit untuk air bersih yang terdapat pada sumur buatan milik warga juga makin meninggi. 

'Air bersih warga desa sekarang tidak ada masalah. Kalau ada masalah keluhan sulitnya memperoleh pasokan air bersih misalnya, maka biasanya ada pihak perusahaan sawit yang beroperasi di wilayah desa sekitar turut membantu warga menyalurkan air bersih menggunakan mobil tanki air. Suplai ketika sumur kering, itu dibagikan secara bergantian untuk semua warga desa yang membutuhkan,' kata Muryanto. 

Sementara itu, berkenaan dengan penyediaan dan perolehan air bersih sekaligus antisipasi kesulitan air bersih di musim kemarau tahun 2017, Pemerintah Kabupaten Seruyan melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kabupaten Seruyan, terus berupaya melakukan percepatan pembangunan sarana air bersih bagi masyarakat dengan melakukan berbagai upaya antisipasi.

Antara lain, meningkatkan kapasitas pelayanan air bersih yang telah dijalankan melalui spam IKK di beberapa wilayah kecamatan, seperti Kecamatan Seruyan Hilir, Seruyan Hilir Timur, Hanau, Danau Seluluk, Seruyan Tengah dan Kecamatan Seruyan Hulu.

'Selain peningkatan kapasitas pendukung, infrastruktur pada stasiun pengolahan air bersih berupa penambahan daya listrik sebagai pendukung pompa mesin yang ada juga dilakukan penambahan jaringan papanisasi dibeberapa wilayah kecamatan. Ini dengan harapan, pelayanan air bersih dapat disalurkan kepada warga secara merata dengan gratis atau tanpa pungutan biaya,' kata Bupati Seruyan, Sudarsono belum lama ini.

Bupati juga menambahkan, pihak Dinas Pekerjaan Umum setempat juga membangun fasilitas sumur bor  atau air permukaan sebagai upaya mempermudah memperoleh air bersih yang bersumber dari air tanah. Selain itu, turut dibangun pengelolaan air minum berbasis masyarakat (Pamsimas) serta spam IKK di perdesaan di beberapa wilayah kecamatan di Seruyan. (PARNEN/N).

Berita Terbaru