Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Bitung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disdikpora Sukamara Salurkan 1.307 KIP

  • Oleh Norhasanah
  • 10 Desember 2016 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Sukamara ' Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Sukamara telah menyalurkan 1.307 Kartu Indonesia Pintar (KIP). Kartu tersebut telah diterima siswa kurang mampu di sejumlah Sekolah Dasar (SD). Jumlah bantuan yang diterima Rp225 ribu per semester.

"Penyaluran bantuan KIP bagi siswa di Kabupaten Sukamara menyesuaikan dengan semester. Per semester jumlah bantuan yang diterima Rp225 ribu. Jadi, siswa SD setahun mendapatkan Rp450 ribu untuk dua semester,' kata Kepala Disdikpora Sukamara, Sutrisno, kemarin.

Berdasarkan data Dinas Dikpora Sukamara, untuk penyaluran bantuan KIP tingkat SD dilaksanakan dalam beberapa tahap. Tahap 1 jumlah siswa penerima ada sebanyak 193 orang, tahap 2 sebanyak 92 siswa, dan berlanjut ke tahap selanjutnya, 277 orang.

Selanjutnya untuk penyaluran KIP tahap 14 dan 19 ada sebanyak 87 orang, tahap 20 ada sebanyak 6 orang siswa, tahap 23 sebanyak 4 orang dan tahap 26 ada sebanyak 523 siswa penerima bantuan KIP. Tahapan penyaluran memang tidak dilakukan secara berurutan karena berdasarkan penyaluran setiap daerah,' ujar Sutrisno.

Kriteria siswa yang berhak mendapatkan bantuan KIP, Sutrisno menjelaskan, tidak semua siswa bisa mendapatkan bantuan. Sebab data penerima merupakan dari pemerintah pusat, sehingga daerah atau pihak Dinas Dikpora Sukamara hanya sebagai perantara.

Sutrisno menceritakan, untuk mendapatkan bantuan KIP ini, masyarakat harus memenuhi syarat-syarat yang ditentukan. Yakni tercatat sebagai keluarga tidak mampu, dengan bukti surat pengantar atau surat keterangan dari pemerintahan desa. Data tersebut nantinya dimasukkan dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik) sebagai dasar usulan, namun yang menentukan tetap pemerintah pusat. (MG-13/N).

Berita Terbaru