Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kunker Anggota Dewan Fokus pada Optimalisasi PAD

  • Oleh Raden Aryo Wicaksono
  • 10 Desember 2016 - 14:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kunjungan kerja (kunker) komisi-komisi di DPRD Kotawaringin Barat (Kobar) pada Masa Sidang Ketiga Tahun Sidang 2016, lebih difokuskan pada isu kebijakan daerah terkait rencana optimalisasi penaikan proyeksi target pendapatan asli daerah (PAD). Selain optimalisasi retribusi dan pajak yang berpotensi sebagai pemasukan daerah, mereka juga menyasar berbagai isu lain, seperti pendidikan dan sosial.

Ketua DPRD Kobar, Triyanto menjelaskan, kunker tersebut dilakukan oleh seluruh komisi di DPRD Kobar sesuai bidang kerja masing-masing. Namun, kunker komisi legislatif di akhir tahun sidang 2016 ini lebih dititikberatkan pada isu-isu yang dihasilkan dalam pembahasan rencana kebijakan daerah yang telah disepakati. Yakni berkaitan dengan rencana optimalisasi pemasukan atau PAD.

"Dalam pembahasan kemarin. Di tahun mendatang kita berencana untuk lebih meningkatkan perolehan PAD. Atas hal tersebut maka kunker komisi DPRD ini akan difokuskan terkait berbagai sumber PAD kita," kata Ketua DPRD Kobar, Triyanto, kemarin.

Sesuai tujuannya, lanjut Triyanto, kunker Komisi C ke Kabupaten Ketapang akan difokuskan pada optimalisasi PAD dari pajak dan retribusi Sarang Walet dan rencana pembangunan Kantor Imigrasi di Kobar. Dua isu tersebut dianggap penting untuk dipelajari. Selain Sarang Walet, pemasukan daerah dari besarnya kunjungan wisatawan mancanegara di Kobar perlu ditindaklanjuti dengan pembangunan Kantor Imigrasi di Kobar.

"Kemudian untuk yang di Gianyar Bali, itu soal pengelolaan Pajak Hotel. Untuk Komisi B, difokuskan terkait Pajak Reklame dan Parkir. Itu dilakukan di Sidoarjo Jawa Timur. Dan di Tangerang Banten, terkait PBB (pajak bumi bangunan) dan BPHTB (bea perolehan hak tanah dan bangunan)."

Berbeda dengan Komisi B dan C, kunker Komisi A lebih difokuskan pada isu pendidikan dan sosial. Yakni terkait peningkatan kualitas pendidikan di Kobar dan rencana peniadaan lokalisasi prostitusi di Kobar yang ditargetkan tercapai pada 2019 mendatang. Kunker Komisi A ini difokuskan di Kabupaten Kediri Jawa Timur dan Kota Salatiga Jawa Tengah. (RADEN ARIYO/N).

Berita Terbaru