Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Paser Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BLH Kobar Tingkatkan Titik Pantau Hadapi Penilaian 2 Piala Adipura

  • Oleh Koko Sulistyo
  • 10 Desember 2016 - 10:27 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Menghadapi penilaian Adipura tahap ke dua (P2) yang diperkirakan dilaksanakan Maret-April 2017, Badan Lingkungan Hidup Kotawaringin Barat (BLH Kobar) berkomitmen meningkatkan titik pantau. Sebabnya nilai yang dikantongi masih di bawah standar. 

"Saat ini kita masih mengantongi nilai di bawah standar, untuk itu kita akan tingkatkan titik pantau Adipura," kata Kepala Bidang Pemulihan dan Pelestarian, Badan Lingkungan Hidup Kotawaringin Barat, Fitriyana, di Pangkalan Bun, Jumat (9/12/2016).

Ia menjelaskan, peningkatan titik pantau dilakukan guna memacu peningkatan jumlah nilai pada penilaian tahap pertama (PI) oleh tim penilai Adipura bersama pusat pengelolaan ekoregion Kalimantan pada awal November lalu.

Menurutnya saat ini sedikitnya ada 64 titik pantau yang tersebar di kota Pangkalan Bun sehingga dengan adanya evaluasi capaian penilaian tersebut maka diharapkan target yang sudah disusun sebelumnya dapat tercapai.

Dijelaskannya lebih lanjut, untuk target pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat pada tahun pada tahun 2017 mendatang berupaya mempertahankan piala Adipura ke 10 atau Adipura Buana yang telah diraih pada awal Juli lalu. Meski demikian pihaknya otomatis mampu meraih piala Adipura Kirana untuk tahun mendatang.

" Kalau kita bisa meraih kembali Adipura Buana otomatis kita juga memperoleh Adipura Kirana," pungkas Fitriya.

Untuk diketahui pada tahun 2016 ini penganugerahan piala Adipura dibagi dalam lima kategori yakni piala Adipura Buana, Adipura Kirana, Adipura Karya, Adipura Bhakti dan Adipura Paripurna. 

Khusus untuk Adipura Kirana yakni penganugerahan kepada kota di Indonesia yang penilaiannya dititik beratkan pada kota yang mampu mendorong pertumbuhan ekonomi melalui perdagangan, pariwisata dan investasi yang berbasis pengelolaan lingkungan hidup. (KOKO SULISTYO/N).

Berita Terbaru