Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotawaringin Barat Imbau Masyarakat Waspada DBD

  • Oleh M Iwanuddin
  • 10 Desember 2016 - 11:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Pemkab Kobar) menghimbau masyarakat agar senantiasa mewaspadai wabah Demam Berdarah Dengue (DBD). Pasalnya, saat ini Kota Pangkalan Bun memasuki musim hujan, dan sering diguyur hujan dengan intensitas cukup tinggi. Dinas Kesehatan Kobar mengingatkan, curah hujan tinggi berpotensi menyuburkan perkembangbiakan jentik-jentik nyamuk.  

"Ada potensi jentik nyamuk berkembangbiak mengingat seringnya turun hujan dalam beberapa hari terakhir. Hal ini patut diwaspadai, sebab nyamuk akan berkembang biak di tempat yang tergenang usai turun hujan,"ungkap Kabid PMK, Arif Susanto kepada Borneonews, Sabtu (10/12/2016).

Untuk itu, Arif kembali mengingatkan masyarakat untuk waspada dengan melakukan tindakan antisipasi dini. Caranya, menguras tempat penampungan air. Yang paling penting lagi, membersihkan pekarangan rumah dan sekitarnya. Jika ada sampah atau tempat yang bisa menampung air. Maka segera dibersihkan dengan cara mengubur, sehingga nyamuk tidak berkembangbiak di tempat tersebut. 

Selain itu, menurutnya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi wabah DBD. Yakni dengan menjalankan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). 

Pemberantasan sarang nyamuk (PSN) sangat penting untuk menekan atau mencegah wabah DBD.  Sebab awal mula datangnya wabah DBD, adanya pembiaran saat terjadinya siklus perkembangbiakan nyamuk DBD.

"Setiap bagian rumah yang sifatnya bisa menampung air harus dibersihkan karena berpotensi menjadi tempat berkembangbiak jentik-jentik nyamuk. Inilah yang paling penting dilakukan," terangnya.

Selain itu masyarakat diminta untuk memberikan bubuk abate  ke tempat penampungan air.

Pihaknya juga menghimbau kepada masyarakat agar secepatnya meghubungi pihak kesehatan jika mengalami demam mendadak. Jika terindikasi gejala DBD bisa segera mendapatkan penanganan dari pihak medis.

"Jika ada gejala DBD segera laporkan biar bisa langsung ditangani,"ujarnya. (M IWANUDDIN/N).

Berita Terbaru